Struktur Aplikasi Dengan Bahasa Visual Basic

Basic adalah salah satu bahasa pemrograman yang sudah cukup dikenal oleh pengguna komputer. Bahasa ini dapat dikatakan sebagai bahasa pemrograman dasar atau yang paling mudah yang sesuai dengan namanya. Namun sebenarnya nama Basic adalah kependekan dari B (Beginner’s), A (All – Purpose), S (Symbol), I (Instruction), C (Code).

Aplikasi pada visual basic 6.0 terdiri atas bagian-bagian :

  • Form
    Merupakan tempat untuk mendesain program dengan meletakkan objek-objek yang merupakan rangkaian dari perintah yang akan dikerjakan oleh aplikasi tersebut.
  • Control
    Mempunyai bentuk grafis yang akan diletakkan di atas bidang kerja yang di sebut form yang dapat berinteraksi dengan pemakai, seperti textbox, labelbox, commandButton. Form dan control merupakan objek dalam pemrograman ini.
  • Properties
    Adalah variabel atau predikat yang melekat pada setiap objek. Contoh properties adalah nama, caption, ukuran, warna, isi dan posisi. Visual basic memberikan nilai baku dan nilai ini dapat diubah pada waktu program dijalankan.
  • Methods
    Merupakan prosedur yang sudah dibuat pada setiap objek yang sewaktu-waktu dapat digunakan sesuai dengan tujuan method tersebut.
  • Event Procedure
    Adalah kode yang berhubungan dengan setiap objek, yang akan melaksanakan tugasnya sesuai dengan nama event yang dimaksud. Kode ini akan bereaksi apabila ada aksi dari user pada objek yang bersangkutan.
  • General Procedure
    Ialah kode-kode yanng tidak berhubungan langsung dengan objek yang ada. Prosedur ini akan dijalankan apabila dipanggil namanya dalam sebuah pernyataan baris program.
  • Modules
    Merupakan kumpulan dari beberapa General Procedure, deklarasi variabel dan definisi konstanta yang digunakan dalam sebuah aplikasi.
About these ads
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: