Meningkatkan Performa Windows XP

Banyak cara dapat dilakukan guna meningkatkan performa Windows XP, salah satu yang pernah dibahas di sini adalah tweak Registry. Selain cara itu, masih ada beberapa cara lain, misalnya menghilangkan program-program yang tidak perlu, menambah kapasitas memory dan lain sebagainya.

Tambah Memory

Menambah RAM adalah salah satu cara yang mudah untuk meningkatkan kecepatan komputer. Selain lebih murah dibandingkan jika mengupgrade komponen hardware lain, dampak yang dihasilkan cukup besar terhadap system PC.

Mengapa pengaruh RAM sangat penting ? Ketika system PC hanya memiliki kapasitas memory terbatas, hard disk akan berperan sebagai virtual memory. Memory “tiruan” ini memang bekerja dengan baik, tetapi dampaknya cukup memperlambat komputer. Karena itu, jauh lebih menguntungkan bila menggunakan RAM yang memadai agar PC tidak memaksakan hard drive menjalankan virtual memory.

Apalagi harga memory saat ini jauh lebih murah dibanding beberapa tahun lalu, sehingga pilihan untuk upgrade adalah cara yang tepat guna mendapatkan peningkatan performa.

Setting Grafis

Tips lain untuk meningkatkan performa Windows XP adalah mengubah setting grafis. Semakin serampangan anda melakukan setting grafis akan berdampak kurang baik bagi kinerja komputer.

Seperti diketahui, tampilan Windows XP cukup beda daripada versi Windows sebelumnya, dan ini dibayar dengan kebutuhan resource yang lebih besar. Dampaknya kecepatan system akan berkurang. Karena itu, mengubah tampilan grafis menjadi tampilan yang lebih sederhana (misalnya, Windows Classic) akan berpengaruh pada peningkatan performa Windows Xp. Cara settingnya sebagai berikut :

Control Panel > Display>Themes, ubah theme yang ada menjadi Windows Classic. Klik Appearance, set tampilan sesuai selera anda.

Windows juga menggunakan kekuatan grafis dalam menyediakan efek-efek spesial yang ada (misalnya menu-menu seperti fade, shadow dibawah cursor mouse, dan lain lain). Semua efek tersebut sebenarnya menyedot performa Windows. Anda bisa mengatasinya dengan cara sebagai berikut :

Control Panel>System >Advanced>Performance>Settings> pilih “Adjust for best performance”. Atau anda dapat memilih Custom dan bebas memilih setting yang ada. Semakin sedikit anda memberi tanda cawang, akan semakin sedikit yang harus dikerjakan komputer.

Percepat Browse File

Saat anda membuka sebuah folder atau browsing Windows Explorer, secara otomatis Windows akan mencari network untuk folder dan printer yang mungkin anda akses. Cara ini ternyata menyita waktu, bahkan terkadang cukup menjengkelkan bila kita tak ingin mengakses saat itu.

Anda dapat memberi tahu Windows untuk tidak melakukan pencarian (searching) jika tidak diminta. Caranya sebagai berikut :

Buka My Computer> menu Tools> Folder Options> View> Hilangkan cawang pada “Automatically search for network folders and printers” >klik OK.

Setelah anda merestart komputer, browsing folder akan menjadi lebih cepat.

Buang File Usang

Tips berikutnya adalah membersihkan hard drive dari file-file yang sudah tidak digunakan lagi. Tujuannya agar akses file-file menjadi lebih cepat. Sebelum memulai, ada baiknya memeriksa space hard disk yang tersisa. Caranya : My Computer> klik kanan icon hard disk> Properties> catat besar free space hard disk anda. Lewat folder My Documents, hapus (Delete) file-file yang tidak lagi diperlukan, atau jika file-file tersebut masih penting anda dapat memindahkan ke CD atau DVD.

Uninstall Software

Menghapus software yang jarang dipakai sangat perlu guna meningkatkan kecepatan system. Anda bisa melakukannya dengan pergi ke Control Panel, pilih “Add or Remove Programs”, akan muncul daftar software yang terinstall pada system. Uninstall semua software yang anda kenal namun tidak diperlukan.

Selanjutnya, klik tombol disebelah “Add/Remove Windows Components.” Akan muncul daftar komponen-komponen XP secara otomatis diinstall bersama Windows. Hilangkan komponen yang tidak anda perlukan.

Eliminasi Font

Buatlah sebuah folder (bisa dalam My Documents) dengan nama “Unused Fonts.” Gunakan Windows Explorer untuk menuju folder C:\WINDOWS\FONTS, lalu drag font-font yang tak pernah anda gunakan kedalam folder Unused Fonts. (Anda bisa mengklik double sebuah font untuk melihat tampilannya.) Dengan memindahkan font-font tersebut bisa mempercepat beberapa aplikasi yang dijalankan.

Bersihkan Hard disk

Anda juga dapat menyetting Windows untuk mencari sampah-sampah yang tidak berguna. Caranya : dari My Computer, klik-kanan hard drive>Properties>“Disk Cleanup.”

Butuh beberapa waktu menscan hard disk untuk file-file yang dapat anda hapus. Jika selesai, klik OK dan Yes.

Bersihkan Registry

Meskipun anda telah menguninstall beberapa program, banyak diantara program-program terseut meninggalkan residu atau sisa dalam Windows Registry. Ada baiknya membersihkannya dari system karena tidak lagi dibutuhkan. Di Internet banyak dijumpai software Registry cleaners, salah satu yang mudah digunakan dan gratis adalah EasyCleaner.

Saatnya Defrag

Setelah membersihkan semua, saatnya mendefragment hard drive. Defragment dibutuhkan karena ketika komputer menyimpan semua file dalam drive, file-file tersebut diletakan dalam space kosong yang ada. Jika hal ini berlangsung lama, file-file individual akan terpisah dan tersimpan dalam beberapa tempat. Defragmenting menyatukan potongan-potongan file kembali sehingga komputer lebih cepat mengakses file.

Caranya : matikan semua program yang berjalan, disable screen saver lewat Control Panel>Display. Pergi ke My Computer> klik kanan hard drive> Properties> Tools>“Defragment Now”. Biarkan komputer menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Komputekonline.net

About these ads
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: