Cara Tepat Membersihkan Elemen Saringan Udara Sepeda Motor

Kemacetan di kota besar macam Jakarta yang kian parah membuat sebagian warga ibukota beralih menggunakan sepeda motor sebagai alternatif transportasi yang murah dan cepat.

Sayangnya, udara kota besar yang berdebu dan kotor juga bisa menurunkan daya mesin pada motor, sehingga bahan bakar cenderung boros dan umur mesin pun bisa pendek.

Saringan udara adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk menahan debu atau menyaring debu yang ada di udara bebas, dan menyuplai udara bersih ke mesin untuk digunakan dalam proses pembakaran.

Lazimnya, elemen saringan udara yang kotor akan membuat mesin sulit dinyalakan (starter), karena daya mesin berkurang dan bisa mengakibatkan boros bahan bakar serta memperpendek umur mesin.

Prosedur membersihkan elemen saringan udara berbeda-beda, tergantung pada jenis elemen yang digunakan. Namun umumnya, yang digunakan adalah elemen jenis kertas filter.

Langkah-langkah untuk membersihkan saringan udara, antara lain:

  1. Melepaskan saringan udara.
  2. Memeriksa elemen saringan udara dan membersihkannya dari kotoran ataupun debu.
  3. Melepaskan elemen saringan udara dari pegangannya, yaitu busa urethane.
  4. Mencuci debu atau kotoran yang ada dengan cara memeras secara lembut di dalam solven atau cairan yang tidak mudah terbakar.
  5. Jangan pernah membersihkan elemen dengan bensin atau cairan lain yang mengandung unsur kimia, karena dapat membuatnya gampang terbakar, lapuk, atau bahkan berkurang daya serapnya.
  6. Bagi elemen yang terbuat dari bahan kertas, bila permukaannya kotor, maka ada baiknya jika terlebih dulu melepaskan debu dengan cara mengetuk-ngetuk elemen secara perlahan, kemudian ditiup debunya dari bagian dalam ke arah luar.
  7. Tipe elemen kertas, umumnya tidak dapat dibersihkan seperti halnya pada elemen busa. Oleh karena itu ada baiknya jika diganti secara periodik.

=Kompas=

Advertisements
%d bloggers like this: