8 Kiat Aman Bawa Laptop Saat Mudik

Jakarta – Ingin mudik namun masih banyak kerjaan menumpuk? Bawa saja laptop Anda. Mau tahu tips aman membawa lapotop saat traveling? Ini dia!

1. Banyak bermunculannya bentuk laptop yang semakin kecil membuat laptop menjadi barang yang paling menjadi incaran para pencuri yang memanfaatkan saat mudik seperti sekarang ini. Untuk menjaga agar laptop Anda tidak dicuri, usahakan untuk tidak membawanya di dalam tas laptop, letakkan di dalam tas ransel atau di tempat yang tidak menimbulkan kecurigaan.

2. Usahakan agar Anda tidak mengeluarkan laptop dalam keadaan yang rentan pencurian dan perampasan. Apabila keadaan sudah tenang dan aman barulah keluarkan laptop tersebut.

3. Ketika sampai di hotel, jangan tinggalkan laptop Anda tergeletak ketika sedang keluar kamar. Tempatkan pada tempat yang aman dan yakinkan bahwa disk drive (harddisk) Anda sudah di back up. Sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, data Anda tidak ikut tercuri.

4. Ada baiknya apabila tas laptop dilengkapi dengan alarm yang dapat berbunyi apabila barang-barang Anda menjauh dari tempat semula.

5. Jangan lupa untuk membawa charger laptop, apalagi jika Anda bepergian jauh. Hal ini juga menjaga agar sistem data Anda tak hilang sia-sia. Bawa perangkat yang biasa Anda pakai agar tersambung pada internet. Sediakan juga baterei cadangan ( sebelumnya tanyalah terlebih dahulu bagaimana peraturan untuk membawa baterei di bandara).

6. Lengkapilah laptop Anda dengan anti-virus versi terbaru sebelum Anda meninggalkan rumah. Tempat umum ( bandara, hotel, cafe) biasanya tidak memberi sandi khusus pada sambungan internetnya, sehingga laptop Anda dapat sangat mudah terkena virus.

7. Agar aman, bawa juga CD software yang sering Anda gunakan, sehingga apabila software tersebut terkunci, Anda dapat menginstall ulang software tersebut lengkap dengan nomer registrasi yang asli.

8. Jangan membuat kecerobohan dengan melupakan password laptop Anda, ini akan memakan banyak waktu bila Anda mencoba untuk mengingatnya kembali. Ada baiknya bila Anda menuliskan password tersebut pada buku catatan kecil milik Anda.

Cassuarina Dwi Rahayu – detikinet

%d bloggers like this: