Tips Menggunakan Kulkas yang Baik dan Benar

Munir Hasan Basri dari Sanken Learning Center membagi beberapa tip menggunakan kulkas secara baik dan benar agar fungsinya bisa optimal (dingin maksimal) dan tahan lama:

1. Senantiasa mencuci bahan makanan termasuk telur sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Sebaiknya cuci dengan air hangat agar bakteri pada sayuran yang dibeli di pasar tidak berkembang. Hal ini perlu dilakukan karena membiarkan bakteri berkembang dalam kulkas-selain akan bercampur dengan bahan makanan lain-hanya akan membuat kulkas menyebarkan bau tidak sedap.

2. Selalu memisahkan bahan makanan menurut jenisnya agar bakteri dan baunya tidak bercampur

Bila perlu sebelum diletakkan ke dalam kulkas, bahan makanan tersebut dimasukkan terlebih dulu ke dalam kontainer khusus makanan.

3. Tidak memasukkan pisang ke dalam kulkas karena temperaturnya tidak cocok dan pisang menjadi busuk dan berwarna hitam

4. Sebaiknya tidak menumpuk makanan secara berhimpitan.

Paling tidak tersedia celah udara di antara makanan atau kontainer dalam kulkas satu sama lain agar dinginnya stabil dan merata.

5. Bagian chiller (biasanya berwarna transparan dan terletak di antara freezer dan refrigerator), sebaiknya dipakai untuk menyimpan daging, ikan atau bahan makanan yang sedianya akan dimasak (maksimal 8 jam), sehingga tidak perlu dicairkan dulu. Contoh, jika ikan yang baru dibeli di pagi hari, sebaiknya disimpan di chiller agar tak perlu dicairkan lagi saat akan dimasak.

6. Kulkas yang baru dibeli atau dibersihkan, jangan langsung diisi bahan makanan.

Tunggu selama 20-30 menit atau sudah dingin merata, baru setelah itu dimasukkan bahan makanan.

7. Jangan pernah menidurkan kulkas ketika pindah rumah atau ketika mengubah tata letaknya karena gas dan oli yang ada di dalamnya bisa bercampur.

Kalau pun terpaksa, kulkas bisa dimiringkan 45° posisi belakang.

=Kompas=

%d bloggers like this: