Perawatan mesin mobil CBU

Mobil Built Up yang dilengkapi fitur canggih serta memiliki harga yang mahal, memerlukan perawatan rutin dan intensif mengingat karena harga mobilnya yang cukup mahal, maka apabila terjadi kerusakan pastinya tidak sedikit juga biaya yang akan dikeluarkan. Perawatan rutin yang dapat dilakukan antara lain.

Langkah ke-satu pembelian bahan bakar

Usahakan saat Anda membeli bahan bakar, pilihlah SPBU yang menjual bahan bakar bersih dan berkualitas. Jangan sekali-sekali membeli pada penjual bahan bakar yang melakukan pengoplosan, atau membeli bahan bakar yang berkualitas rendah.

Langkah ke-dua pemanasan mesin

Jika mobil Anda jarang digunakan, janganlah disimpan terlalu lama di garasi tanpa melakukan pemanasan mesin. Panaskanlah mesin seminggu sekali atau bawalah jalankan mobil hingga sedikitnya dua kilometer, untuk menghindari endapan bahan bakar dan udara didalam tangki bahan bakar yang nantinya akan merusak komponen mesin.

Langkah ke-tiga pembersihan tangki bahan bakar

Lakukan pembersihan tempat bahan bakar setiap kilometer 15.000, apabila Anda merasa kesulitan, pada setiap bengkel-bengkel biasanya tersedia paket pembersihan lengkap untuk menguras tangki, membersihkan, injektor, saluran bahan bakar, dan ruang bakar.

Langkah ke-empat oktan tinggi

Tambahkan cairan adiktif yang mampu menetralisir asam, membuang air, dan menaikkan oktan guna menjaga kebersihan bahan bakar dan sistem agar selalu terjaganya performa mobil. Namun perlu diperhatikan produk yang anda tambahkan tersebut, sebaiknya gunakan produk yang telah dikenal baik dan berkhasiat.
Langkah ke-lima lakukan cek emisi.

Lakukan pengecekkan emisi gas buang secara rutin, periksa juga konverter katalik yang terdapat pada knalpot dan terhubung ke mesin. Segera kenali jika terjadi adanya kelainan pada mesin mobil Anda.

“Men sana in corpore sano”…artinya, di dalam tubuh yang sehat dan kuat, terdapat jiwa yang sehat pula. Motto itu sangat berguna tidak hanya pada manusia saja melainkan juga pada kendaraan, karena didalam body yang kuat dan canggih harus terdapat juga mesin yang sehat dan terawat.

Semoga bermanfaat…
namaotomotif.com.

%d bloggers like this: