Tips Aman Saat Mengirimkan Kendaraan

Mengirimkan kendaraan lewat jalur laut atau darat kadang tak bisa dihindari. Terutama jika hendak pindah rumah ke seberang pulau agar Anda tak perlu berlama-lama di perjalanan. Namun, mengingat nilai barang yang akan Anda kirimkan tinggi, ada banyak hal yang harus diperhatikan demi keamanan.

Untuk meinimalkan berbagai risiko, simaklah beberapa tip berikut ini saat mengirimkan kendaraan:

1. Perhatikanlah perusahaan jasa pengiriman barang yang Anda pilih, sebaiknya memiliki kredibilitas baik dan bisa dipercaya.

Rekomendasi dari kerabat dan teman merupakan salah satu cara untuk menentukan perusahaan yang bisa dipercaya, mengingat mereka pernah berhubungan langsung dengan perusahaan tersebut. Tanyakanlah persyaratan dan berbagai perizinan yang diperlukan hingga barang sampai di tangan Anda.

2. Cermatilah kontrak atau peraturan yang diberikan oleh pihak perusahaan jasa mengenai hak dan kewajiban Anda sebagai konsumen.

Tanyakan dengan detil hal-hal yang kurang jelas dan tak ada salahnya pula menanyakan ada tidaknya jaminan dari pihak perusahaan bahwa kendaraan akan sampai sesuai jadwal yang telah ditentukan dalam keadaan utuh.

3. Tanyakanlah metode pembayaran yang diterapkan, jangan sampai hal ini dapat menimbulkan kerugian bagi Anda.

Ada yang menerapkan pembayaran uang muka terlebih dulu, baru diselesaikan di akhir proses ketika mobil kembali di tangan. Namun, ada pula yang harus melunaskan terlebih dulu.

4. Periksalah kondisi mobil Anda secara detil, mulai dari bagian paling atas hingga paling bawah.
Tak ada salahnya membuat catatan untuk membantu memori Anda, misalnya mencatat bagian mobil yang sudah ada goresan, untuk kemudian dibandingkan dengan kondisi mobil ketika datang. Dengan demikian, Anda pun tahu jika ada cacat atau kerusakan baru yang terjadi selama masa pengiriman.

5. Tutuplah lubang atau retak yang terdapat di bagian jendela atau bagian lain yang memungkinkan adanya udara masuk ke dalam kabin. Hal tersebut untuk menghindari tingkat kelembaban tinggi dan masuknya kotoran ke dalam kabin.

6. Keluarkanlah barang-barang pribadi Anda dari dalam kendaraan demi keamanan.

=Kompas=

Advertisements
%d bloggers like this: