Kristal Bakteri Berfungsi Sebagai Kompas

London:Kristal kecil yang ditemukan dalam bakteri ternyata berfungsi sebagai kompas magnetik yang membantu mikroba itu bernavigasi melalui sedimen untuk mencari makanan terbaik. Hasil riset itu diharapkan dapat memberi petunjuk segar untuk menjelaskan biomagnetisme, fenomena tentang burung, serangga, dan binatang laut yang memakai medan magnetik bumi sebagai panduan navigasi.

Studi itu difokuskan pada bakteri magnetotactic yang mengandung rantai kristal magnetis yang disebut magnetosome. Bakteri yang hidup dalam sedimen danau, kolam, serta daerah pesisir itu bisa ditemukan di seluruh pelosok dunia.

Sejak bakteri magnetotactic ditemukan pada 1970-an, para ilmuwan belum bisa mengetahui apa kegunaan magnetosome. Riset sebelumnya memperkirakan bahwa rantai magnetosome tidak berguna untuk navigasi karena ukuran kristalnya tidak memiliki kualitas magnetis yang sesuai.

Meski begitu, para ilmuwan di Imperial College London dan University of Edinburgh di Inggris berhasil menunjukkan bahwa metode pemodelan yang digunakan para peneliti sebelumnya itu tidak akurat. Kalkulasi terbaru membuktikan bahwa seluruh magnetosome memiliki kualitas magnetis yang diperlukan untuk melakukan navigasi.

Adrian Muxworthy, peneliti dari Department of Earth Science and Engineering Imperial College yang mengepalai tim riset itu, menyatakan bahwa magnetosome saling berkaitan satu sama lain untuk membentuk sebuah rantai di dalam bakteri dan bekerja seperti kompas magnetis. “Kami belum bisa memastikan bagaimana cara kerjanya. Tapi kompas ini berinteraksi dengan medan magnetik bumi, membantu bakteri itu melakukan navigasi dalam sedimen untuk menemukan tempat mencari makanan,” kata Muxworthy.

Muxworthy mengatakan studi itu adalah contoh terbaik evolusi yang memperlihatkan bagaimana organisme yang relatif sederhana dapat mengembangkan kemampuan navigasi yang sangat tinggi. Temuan ini dapat memberikan informasi lebih mendalam tentang proses evolusi yang membantu binatang dan spesies akuatik lain menjadi navigator yang terlatih.

Tempointeraktif.com

%d bloggers like this: