Tips Agar Sepeda Motor Aman dari Tangan Jahil (Pencurian)

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memberi keamanan lebih bagi si roda dua:

  1. Memasang kunci pengamanan tambahan, seperti menggunakan kunci garpu depan atau kunci ban yang setidaknya akan menghambat si pencuri motor melangsungkan niatnya. Mengganti kunci original dengan model kembang yang tak mudah dibuka paksa dan menambahkan kunci stang. Pengamanan ini pun sebaiknya selalu digunakan setiap kali akan meninggalkan motor Anda di tempat parkir. Walaupun Anda hanya akan meninggalkan motor dalam waktu singkat, seperti mengambil uang di ATM atau mengambil barang di rumah.
  2. Jika memarkirkan motor di halaman atau garasi rumah, usahakan untuk meletakannya di tempat yang paling dalam dan terhalang mobil atau benda lain, mengingat pencurian motor kadang juga dilakukan dengan cara mengangkatnya terlebih dulu dari area parkir di dalam rumah.
  3. Usahakan untuk selalu memarkirkan motor di tempat yang aman, atau mendapat penerangan yang cukup.
  4. Memarkirkan motor di area yang bisa terlihat dari kamera keamanan.
  5. Jika perlu, kunci motor dengan barang-barang tak bergerak seperti pohon dengan menggunakan rantai untuk pengamanan maksimal.
  6. Tak ada salahnya memasang alarm dengan bunyi-bunyian yang keras atau yang dapat mematikan mesin motor seketika saat dijalankan tanpa mematikan alarmnya terlebih dulu. Namun, pastikan bahwa pemasangan alarm ini dilakukan dengan benar agar tidak menimbulkan kerusakan. Oleh karenanya sebelum memasang alarm, tak ada salahnya mencari informasi terlebih dulu untuk mencari mekanik yang teliti dan dapat memasang alarm dengan baik.
  7. Jangan tinggalkan barang-barang seperti helm, jaket, atau barang lainnya di motor, mengingat hal ini tanpa disadari justru menarik perhatian si tangan jahil mendatangi motor Anda.

=Kompas=

Advertisements
%d bloggers like this: