Poinsettia

Poinsettia tidak dipingit, kelir pucuk daunnya bakal tetap hijau. Kenapa bisa begitu? Warna merah pertanda kastuba sedang mengalami masa generatif. Padahal flora menawan asal Meksiko dan Amerika Tengah ini termasuk short day plant. Nah, tanaman macam ini butuh masa terang harian lebih pendek dari masa gelap untuk memasuki masa generatif.

Agar pucuk daunnya – sering dikira bunga, bisa berkelir merah menyala, poinsettia perlu perlakuan khusus. Christmas tree itu mesti dipingit dan disungkup.

poinsettia

Sementara di Indonesia, masa gelap dan masa terang fifty-fifty. Supaya masa gelap menjadi panjang. masa terang harus dikurangi. Poinsettia lantas disungkup dengan plastik warna hitam. Tapi tidak disungkup sepanjang hari, karena tanaman tetap butuh sinar matahari agar bisa berfotosintesis, terang Budhi Hardjoko Oirektur Kebun Ciputri di Cipanas, Bogor.

Pingit empat jam

Cara penyungkupan sebenarnya sangat sederhana. Tinggal tutup mulai jam 4 sore dan dibuka lagi jam 8 pagi, ujar Budhi. Penyungkupan akan memotong ‘siang hari’ menjadi hanya delapan jam sehari. Masa terang itu cukup pendek untuk merangsang poinsettia menghasilkan bakal bunga sekaligus hormon pembentuk warna.

Kelir pucuk yang muncul tak hanya merah. Ada juga yang berpucuk pink, lemon/kuning dan putih, tergantung varietasnya. Kebun Ciputri juga punya varietas berwarna marble star yang berpucuk pink, namun tepi daunnya putih kekuningan. Sebenarnya kami juga punya varian variegata berpucuk merah. Tetapi kalau pucuknya memerah, totol-tolol putih pad a semua daun semakin tidak kentara, papar alumnus Biologi Universitas Indonesia.

Semakin lama dalam pingitan, daun yang berubah warna akan semakin banyak. Kemunculan kelir dimulai dari pucuk daun paling atas dan berangsur turun ke daun di bagian bawahnya. D Ciputri, penyungkupan berkisar antara satu setengah sampai dua bulan. Tergantung ukuran tanamannya, lanjut Budhi. Selain warna sip, penampilan juga ditunjang oleh bentuk tajuk. Agar tajuknya kompak, jarak antar ketiak daun harus cukup pendek. Kalau terlalu panjang akan membuat tajuk terlihat jangkung namun tidak proporsional. Bisa diatur dengan pemberian growth regulator, kami pakai merek cultar, ujarnya.

Butuh matahari

Menurut Budhi, warna pucuk daun bisa balik lagi ke warna aslinya Kalau rentang masa terang kembali ke normal. Namun proses membungIon itu tak terjadi serta merta. Kelir merah di pucuk daun bisa tahan antara dua sampai tiga bulan, ungkapnya.

Yang justru sering dikeluhkan adalah daun cepat layu dan rontok. Banyak yang menduga akibat perpindahan tempat dari dataran tinggi ke dataran rendah. Namun hal itu ditamplk oleh Budhi Hardjoko Menurutnya, mexican flame leaf tetap bisa tampil bagus di dataran rendah Memang di dataran tinggi kelir pucuknya akan lebih tegas dan menyala.

Rontok yang terjadi hanya akibat salah rawat. Kalau ditaruh dalam ruangan terus bagaimana enggak rontok. Saalnya tak mendapat cahaya matahari, makanya enggak bisa berfotasintesis, ujarnya.

Kastuba memang bukan tipe tanaman yang tahan berada dalam ruangan pada periode lama. Dua minggu dalam ruangan terus-menerus akan membuatnya layu dan rantok

Boleh menaruhnya sebagai penghias ruang tapi harus rajin mengeluarkannya. Sebaiknya dua hari sekali ditaruh teras untuk mandi matahari Cahaya matahari juga akan membuat warnanya tetap cerah. Tapi jangan ekstrim menaruhnya di terik matahari Sebaiknya taruh di teras yang terkena sinar matahari tidak langsung, sarannya.

Selain tak mendapat pasokan matahari, kerontokan juga bisa terjadi karena terlalu ban yak air. Penyiraman terlalu sering akan membuat media lembap dan rentan busuk akar. Kalau akarnya sudah sakit, bagian tubuh lain pasti ikut merana.

Siram kalau media sudah terlihat kering. Gunakan metode siram ‘cuci kaki’, siram media dan jangan kena tanamannya. Tanaman basah lebih mudah terserang hama dan penyakit, ungkap Budi.

Nah, jangan salah lagi!

Rudi / Flona

Tips: Merawat poinsettia

  • Jangan terlalu lama tak mendapat cahaya.
  • Hindari penempatan tepat di bawah AC.
  • Siram kalau media sudah kering.
  • Jangan memupuk tanaman yang pucuknya masih merah.
  • Lokasi yang ideal, 70% terkena sinar matahari.

Kebonkembang.com

    %d bloggers like this: