Tips Menghemat Pulsa Telepon (Ponsel)

Maraknya operator GSM dan CDMA dengan berbagai fasilitas unggulan membuat pengguna telepon selular terbuai saat bertelepon. Bahkan tak jarang tagihan telepon bablas dan membengkak tak karuan.

Mereka yang sadar dirinya tak mampu meredam keinginan ngobrol di telepon, biasanya akan menggunakan kartu prabayar sebagai alarm dan pengingat. Namun, bukan berarti cara ini tanpa kelemahan karena bisa jadi pada saat darurat, pulsa HP sudah habis sementara pada saat yang bersamaan tidak ada kios atau ATM yang menjual voucher atau pulsa.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghemat pemakaian telepon, antara lain:

  1. Biasakanlah untuk membuat poin-poin yang ingin dibicarakan sebelum menelepon. Hal ini perlu untuk menghindari obrolan lain yang kurang bermanfaat.
  2. Jika ingin sekedar ngobrol, lebih baik bertemu di suatu tempat yang nyaman sambil ngopi bareng ketimbang menghabiskan pulsa untuk obrolan semata.
  3. Untuk urusan bisnis, sedapat mungkin gunakan fixed phone untuk menekan biaya pulsa telepon selular yang cenderung lebih mahal. Dengan menggunakan fixed phone Anda pun lebih bebas berbicara bisnis.
  4. Jangan gunakan telepon untuk mendeskripsikan produk. Presentasi dengan mendatangi klien jauh lebih efektif ketimbang menjelaskan produk melalui telepon.
  5. Jika bertemu pun tak sempat, gunakan fasilitas email atau chatting. Selain bebas bercerita, Anda pun bisa berhemat pulsa.
  6. Untuk pembicaraan yang singkat namun penting, gunakan saja fasilitas SMS (short message service). Selain lebih murah, pesan yang diinginkan pun tersampaikan.
  7. Saat gajian, sisihkan budget untuk telepon selular dalam suatu amplop yang terpisah. Jika Anda pengguna kartu prabayar, ada baiknya jika dana tersebut langsung Anda belikan voucher (fisik bukan elektrik) untuk keperluan 1 bulan dan disimpan secara terpisah dalam tas atau dompet, sehingga jika dalam keadaan darurat sekalipun, Anda tetap bisa menelepon.
  8. Disiplin diri. Hal ini menjadi kunci Anda dalam berhemat pulsa. Seribu cara Anda ciptakan dan terapkan tidak akan ada gunanya jika Anda tidak disiplin.

=Kompas=

Advertisements
%d bloggers like this: