Tips Membeli Laptop

Dengan tujuan memenuhi tuntutan presentasi terhadap klien yang bisa terjadi setiap saat, maka kebutuhan akan laptop menjadi sangat penting.

Banyaknya jenis dan merek laptop yang beredar saat ini jelas memberikan dampak yang positiif karena bisa memberikan Anda banyak pilihan sekaligus ‘pusing’ memilihnya.

Apapun alasan dan tujuan memiliki laptop, rasanya Anda perlu menyimak tip berikut sebelum membelinya, antara lain:

1. Menentukan bujet
Saat ini harga laptop sangat bervariasi, mulai dari yang berperforma rendah hingga kelas high end dengan fitur dan performa yang tinggi. Harganya berkisar dari 4 jutaan sampai puluhan juta.

2. Menentukan spesifikasi sesuai fungsi dan kebutuhan
Sebelum menentukan laptop mana yang ingin dibeli, pastikan dulu laptop tersebut akan digunakan untuk apa? Apakah sekadar untuk mengetik tulisan, pengolahan data base, pengolah grafis, bahkan video editing, atau sekadar main games? Hal ini perlu dipertimbangkan karena masing-masing pengerjaan membutuhkan spesifikasi yang berbeda.

3. Perhatikan komponen pendukungnya
Setelah menentukan spesifikasi yang diinginkan, selanjutnya Anda juga harus menentukan konektivitas seperti halnya, NIC, Irda, Bluetooth, Modem, WiFi, bahkan Webcam. Sekadar info, NIC pada laptop berfungsi untuk tersambung ke jaringan dengan kabel data, Irda dengan Infra Merah, Bluetooth dengan gelombang radio. Sementara Modem berfungsi untuk koneksi internet dengan dial up. Sedangkan WiFi untuk koneksi internet melalui hotspot yang dengan mudahnya bisa dijumpai di kafe-kafe. Nah untuk ber-chatting dengan saling melihat wajah, Webcam pada laptop akan sangat membantu.

4. Pertimbangkan kualitas dan daya tahan baterai
Jika Anda termasuk orang yang sibuk dan selalu mobile, ada baiknya membeli laptop yang ringan saat dijinjing dengan ukuran layar yang kecil sehingga memudahkan Anda ketika membawanya. Pastikan pula daya tahan baterai laptop tersebut cukup lama sehingga tidak harus sering men-charge. Normalnya baterai laptop bisa tahan 2 sampai 3 jam. Bahkan untuk merek tertentu ada yang tahan hingga 12 jam.

=Kompas=

Advertisements
%d bloggers like this: