Tips Agar Baterai Laptop / Notebook Tahan Lama

Agar laptop / notebook Anda tetap berfungsi dengan baik dan benar sehingga aktivitas sehari-hari berjalan dengan lancar, tips-tips merawat baterai laptop agar tahan lama (awet) sebagai berikut bisa dipraktikkan:

1. Jangan sekali-kali menggunakan baterai dan charger laptop yang tidak kompatibel.
Untuk meyakinkan kompatibilitas baterai pengganti ataupun charger yang digunakan, hubungi customer service dari produsen laptop yang bersangkutan.

2. Hindari kebiasaan menggunakan laptop di pangkuan paha, di atas karpet, maupun di atas kasur karena permukaan yang lembut seperti itu akan menghambat aliran udara di bagian bawah notebook dan dapat menimbulkan overheating.
Hal ini terjadi lantaran sirkulasi udara tidak berjalan dengan sempurna.

3. Hindari benturan dan himpitan serta jangan meletakkan beban berat di atas laptop.
Hal tersebut akan mengakibatkan sirkuit di dalam baterai menjadi rentan terjadi hubungan arus pendek (korslet) yang kemudian mengakibatkan overheating.

4. Hindari pula kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan aneka benda yang terbuat dari metal.

5. Tidak meletakkan laptop di sembarang tempat, terutama di tempat yang terkena langsung sengatan matahari seperti di bawah jendela atau dalam mobil yang diparkir di lapangan.

6. Tidak menumpahkan cairan di atas laptop karena meskipun nantinya akan mengering dan berfungsi normal kembali, namun sirkuit di dalam laptop ataupun baterai secara perlahan tapi pasti akan berkarat.

7. Perlakukan laptop dan baterai sesuai dengan petunjuk yang tercantum dalam buku manual yang selalu menyertainya.

=Kompas=

Advertisements
%d bloggers like this: