Tips Menjaga Keamanan Motor

Apakah Anda pernah mengalami motor anda dicuri? tentunya Anda tidak ingin itu terjadi, atau sampai terulang kembali atas kejadian yang sangat tidak menyenangkan itu. Oleh karena itu simaklah tips & trik berikut ini.

Langkah ke-satu jangan menarik perhatian

Usahakan untuk tidak meninggalkan barang-barang berharga seperti tas, helm, jaket, atau barang lainnya di motor Anda, karena hal tersebut tanpa disadari justru akan menarik perhatian maling atau pencuri untuk mendatangi motor Anda. Baik itu untuk mencuri sepeda motor maupun barang berharga anda.

Langkah ke-dua pasang kunci pengaman tambahan

Selain mengunci stang motor pasangkan juga kunci pengaman tambahan, seperti kunci garpu depan atau kunci ban. Kemudian gantilah kunci original dengan kunci model kembang agar motor tidak mudah untuk dibuka paksa. Perhatikan selalu pengamanan tambahan ini setiap kali anda akan meninggalkan sepeda motor.

Langkah ke-tiga posisi aman parkir motor

Usahakan jika pada malam hari, motor selalu diparkirkan ditempat yang mendapatkan penerangan cukup. Apabila diparkirkan di halaman atau garasi, maka posisikan motor dibagian dalam atau lebih baiknya terhalang mobil maupun benda lain. Posisi parkir yang lebih baik lagi adalah, jika motor diparkirkan di area yang terlihat oleh kamera keamanan atau CCTV. Pada saat ini kamera keamanan atau CCTV sangatlah efektif dan efisien, karena selain sebagai alat pengawas juga bisa membuat si pelaku kejahatan mengurungkan niatnya.

Langkah ke-empat pasang alarm bunyi

Pasangkan motor Anda dengan alarm yang dapat berbunyi keras, sehingga dapat terdengar dan menarik perhatian di sekitar jika ada yang melakukan pencurian secara paksa pada motor Anda.

Langkah ke-lima pasang pemutus arus listrik rahasia

Anda memiliki pengetahuan mengenai kelistrikan, jika tidak mintalah bantuan seorang mekanik untuk pasangkan switch pemutus arus listrik. Kemudian mintalah agar posisikan switch tersebut, berikut instalasi kabelnya ditempat yang tidak terlihat atau rahasia. Sehingga hanya anda yang mengetahuinya, dan motor hanya akan menyala sesudah switch tersebut dihidupkan.

Langkah ke-enam rantai motor ke benda lain

Solusi terakhir untuk memaksimalkan keamanan adalah rantaikan motor Anda ke benda lain yang tidak bergerak seperti tiang listrik, pohon, pagar atau benda lainnya. Hal ini cukup membantu guna mengamankan motor Anda baik di tempat yang sepi maupun ramai, karena akan menyulitkan proses pencurian.

Semua hanyalah bentuk usaha kita untuk mengantisipasi terjadinya curanmor yang marak terjadi saat ini, selanjutnya adalah tugas pihak yang berwajib untuk dapat memberantas para pelaku curanmor.

semoga bermanfaat…
namaotomotif.com.

%d bloggers like this: