Membeli komputer second

Jika Anda hendak membeli komponen PC second, pastikan tes awal dan minta garansi meskipun hanya 1 hari terutama pembelian komponen2 magnetik seperti Fdd, Cdrom, Hardisk dan monitor. Yang mana umumnya tidak bisa diduga tiba2 rusak.

Untuk test fdd caranya dari a:\ ketikkan: copy . nul (enter).

Untuk tes CDROM caranya dari e:\(posisi cdrom) ketikkan: dir/s (enter).

Keduanya jika prosesnya OK dan tidak macet2 artinya bagus, juga sebaliknya. Yang sulit adalah tes hardisk! Karena selain lama prosesnya (yaitu harus di A:\format c: (enter) dan scandisk c: (enter) 100% hingga tak tampil tanda badsector, juga langkah ini belum memastikan lamanya hdd bisa berumur panjang. Langkah yang pasti adalah gunakan diskmanager milik IBM603. pilih bagian disk diagnostics. Disana kita bisa mengetes sekaligus board hardisk / controller, tes platter/piringan/seek times hardisk dan tes kekuatan Head / random read/write hardisk dengan minimal pengulangan/count 10x.

Beli monitor second? Asalkan belum pernah dicangkok playback maupun dilayar tidak menunjukkan tanda2 buram / rabun setelah sekian lama (15 menit) dinyalakan + tombol2 min-max contrass-size dll berfungsi serta background masih bisa mendapatkan warna hitam gelap adalah sudah cukup. Sekali lagi: Perjuangkan Hak Garansi Anda.

Advertisements
%d bloggers like this: