Hal-hal yang terabaikan pengemudi baru

Mengemudi yang baik harus dibiasakan sejak awal. Banyak pengemudi baru yang mengabaikan hal-hal kecil ini. Hal-hal yang sering diabaikan pengemudi baru adalah:

Driving position: duduk bersandar dengan punggung menempel di sandaran. Posisi duduk harus nyaman dan sudut siku sedemikian rupa sehingga pergelangan tangan bisa lincah dan bergerak alami. Posisi kedua tangan di arah jam 9 dan 3 dengan siku agak tekuk dan tidak terentang lurus sehingga moving area luas tapi tetap terkontrol. Kaki harus mendapat ruang gerak yang cukup dan saat injak pedal gas/kopling hanya gunakan sedikit tenaga saja. Badan tidak perlu ikut-ikutan doyong kedepan saat menggeser tuas transmisi.

Kuasai kemudi: Akrab dengan kemudi. Saat bermanuver, pekerjakan kedua tangan dengan harmonis bukan hanya satu tangan yang operasional. Saat manuver agak cepat, setelah putara roda kemudi agar dilepas bisa bisa kembali sendiri dengan tetap dikontrol.

Kuasai lingkungan. karena beda usiapengemudi speed ajuga beda, gerakan respon. Sebagai pegnemdau baru harus mengenal karakter pengguna jalna lain. Misal anak muda dengan gaya mengemudi agresif, lebih baik di jauhi, anak-anak yang ugal-ugalan, lebih baik mengalah dan tidak berebut jalan. Demikian pula bila bertemu dengan pengemudi berusia lanjut yang berjalan lamban, lebih baik bersabar dan tidak berteriak-teriak dengan klakson. Berhati-hati dengan pengemudi motor yang gemar masuk ke celah antar mobil yang seringkali tidak terpantau pengemudi mobil.

Kenali jalan: Saat lintasi jalan pertamali, pelan-pelan sambil perhatikan rambu-rambu, sekolah, pasar, jalan rusak dll. Bila lewat jalan itu sudah hafal dan tidak terkejut-kejut lagi.

Akrabi rambu-rambu: Pahami rambu-rambu. Perhatikan rambu dari jauh sehingga bisa mempersiapkan tindakan. Jangan dari dekat baru memperhatikan rambu. Hindari jalan di jalur cepat. (R7d)

Mobilku.com

%d bloggers like this: