Memilih Fitur Layanan Hosting

Jika Anda ingin membuat blog dengan hosting atau domain sendiri, tidaklah semudah ketika membuat blog di server gratisan. Tidak hanya kesiapan dari segi keuangan untuk menyewa hosting dan domain, namun Anda juga perlu memahami seluk beluk dunia hosting. Berikut beberapa informasi jika Anda ingin memilih penyedia hosting:

Sistem Hosting. Ada dua platform sistem hosting, Windows dan Unix. Jika Anda membutuhkan fitur dengan ASP atau menggunakan database MS Access, maka Anda membutuhkan sistem Windows. Sementara Unix, lebih populer dan memiliki kelebihan di bagian keamanan dan jumlah fiturnya.

ASP atau CGI atau PHP atau Microsoft Frontpage. ASP (Active Server Pages), merupakan fitur yang hampir sama dengan CGI. ASP digunakan untuk membangun web dengan Visual Basic atau Javascript. ASP juga berguna untuk membangun web yang dinamis. Sementara CGI (Common Gateway Interface) merupakan fitur standard yang digunakan untuk membuat interaksi antara user dengan website. Jika web memiliki form contact us atau menggunakan database, maka Anda membutuhkan hosting dengan CGI. Sedangkan untuk PHP (Pre Hypertext Processor) merupakan bahasa pemrograman khusus untuk web untuk membangun web dinamis, yang akan dicampur dengan HTML. Bahasa PHP juga dapat memfasilitasi web untuk membuat tulisan komentar sebagai hasil interaksi pemilik web dengan pengunjung. Jika Anda ingin membuat hit counter pengunjung ataupun voting maka Anda dapat menggunakan komponen frontpage, dan hosting dengan fasilitas frontpage extensions.

SSI. SSI atau Server Side Include merupakan fitur untuk memasukan data dari file ke dalam website dengan menggunakan tag khusus, seperti jika Anda ingin memasukan data dari file excel, word dan sebagainya ke dalam web.

SSL. SSL (Secure Socket Layer) merupakan fitur yang digunakan untuk pengamanan tambahan pada web Anda. Jika web Anda berhubungan dengan data sensitif seperti memasukan nomor kartu kredit, maka fitur SSL ini wajib dipakai, terutama untuk web yang menjalankan transaksi online.

Space Web. Merupakan kapasitas hosting untuk menyimpan halaman web beserta atributnya, seperti musik, gambar, foto, dan sebagainya. Jika Anda akan menyimpan file atau database yang banyak maka Anda membutuhkan hosting yang besar, begitu pula sebaliknya. Jika website atau blog Anda kemudian bertambah besar, maka penyedia hosting juga tidak berkeberatan untuk menambah kapasitas space web Anda.

Webmail. Fitur ini memudahkan Anda untuk mengirim dan menerima email, dengan alamat web untuk login ke dalamnya.

Database. Jika Anda ingin menyimpan semua data, maka Anda memerlukan database. Terdapat dua tipe database, MS Access dan MySQL. Pilihan database sesuai dengan kebutuhan Anda, dan masing-masing memiliki fitur yang mirip.

Shopping Cart. Biasanya digunakan pada website atau toko online yang sedang menjual sesuatu. Fitur shopping cart akan digabung dengan SSL untuk mendapatkan pengamanan dari penyusup atau hacker.

Statistik. Berupa laporan tentang seberapa banyak web anda dikunjungi orang. Laporan yang diberikan termasuk jumlah data yang di-copy ataupun dibaca, asal pengunjung, halaman yang paling sering dikunjungi, dan sebagainya.

Bandwith. Merupakan jumlah data yang bergerak dalam waktu tertentu. Penyedia hosting biasanya menawarkan bandwith dari1 GB hingga 5 GB per bulan. Kriteria bandwith bergantung pada ukuran halaman web, gambar dan semua file yang ada di dalamnya. Bila jatah bandwith selama satu bulan sudah habis, maka penyedia hostng dapat memberikan tambahan bandwith secara gratis atau dengan bayaran.

beritanet.com

Advertisements
%d bloggers like this: