Jurus-jurus Meningkatkan Kinerja Windows

Beberapa tips berikut sangat berguna untuk meningkatkan kinerja windows di komputer agar bekerja optimal. Setelah melakukan trik ini, Anda akan mendapatkan PC yang lebih hebat dari sebelumnya.

Namun, sebelum mencoba jangan lupa mem-backup registry windows Anda lebih dulu untuk menghindari kerusakan permanen pada windows Anda. Maklum kalau salah, mungkin cara satu-satunya adalah dengan menginstal ulang sistem operasi Anda!

1.    Mengatur Contiguous File Allocation Size (semua versi windows)
Tweak ini akan meningkatkan kinerja aplikasi yang Anda gunakan. Berikut cara melakukannya : Buka registry windows Anda dengan menjalankan regedit dari menu Start>Run. Buka HKEY_LOCAL_MACHINE\System\Current ControlSet\Control\FileSystem. Setelah itu tambahkan nilai ContigFileAllooSize pada DWORD (dengan cara klik kanan lalu pilih New>DWORD) dan isi dengan angka 200.

2.    Membebaskan Memori dari File DLL (semua versi windows)
File-File DLL selalu memakan tempat bagi memori. Bahkan ketika program yang menggunakan file-file DLL tersebut telah Anda tutup. Windows masih menyimpannya di memori. Untuk membebaskan memori dari file-file DLL tersebut lakukan hal-hal berikut :Buka registry windows Anda dengan menjalankan regedit dari menu Start>Run. Kemudian cari dan buka key: HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer. Lalu tambahkan string Always UnloadDLL dan isi nilainya dengan 1

3.    Restart Tanpa Melakukan Booting Ulang (Windows 9x/Me)
Setiap kali selesai menyunting registry, Anda harus mem-booting ulang komputer dari awal. Tapi jika malas menunggu proses booting, Anda dapat membuat windows untuk me-restart sendiri dengan cara menekan tombol shift ketika Anda memilih restart pada menu shutdown windows.

4.    Mengontrol Besar Cache (windows 9x/Me)
Tweak ini dapat memaksimalkan kinerja memori. Untuk melakukannya, tambahkan baris berikut ini pada bagian [vcache] di file system.ini (folder windows) sebagai berikut:
MinFileCache=0
MaxFileCache=4096
Sesuaikanlah besar MaxFileCache-nya dengan jumlah RAM yang Anda miliki sebesar 25% dari besar RAM.

5.    Meningkatkan Kinerja Swap File (windows 98)
Jika Anda memiliki RAM berkapasitas besar (lebih dari 128MB), Anda tidak perlu lagi untuk mengatur swap file Anda. Untuk meningkatkan kinerja swap file, Anda dapat menambahkan baris ConservativeSwapFileUsage=1 pada bagian [386Enh] di file system.ini (pada folder windows) Anda.

6.    Mengoptimalkan L2 Cache (Windows NT)
Prosesor-prosesor high end generasi terbaru umumnya memiliki L2 cache sebesar 256KB atau lebih. Jika prosesor Anda juga memilikinya, Anda mungkin ingin mengoptimalkan L2 cache prosesor Anda tersebut. Untuk itu lakukanlah dengan cara sebagai berikut: Buka file registry windows Anda, kemudian carilah key berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINE\System\Current ControlSet\Control\SessionManager. Lalu tambahkan nilai DWORD bernama SecondLevelDataCache dan isikan angka 200.

7.    Meningkatkan Partisi NTFS (Windows NT)
Partisi NTFS Anda dapat ditingkatkan kinerjanya dengan cara menonaktifkan fungsi dari Last Access Time Stamp. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berikut ini: Buka file registry windows Anda, dan temukan key berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\FileSystem. Selanjutnya buatlah file DWORD baru dengan nama NtfsDisableLastAccessUpdate dan aktifkan dengan mengisi nilai 1.

8.    Mengaktifkan UDMA 66 pada Chipset Intel (Windows 2000)
Apakah komputer Anda mendukung UDMA 66? Jika ya, Anda harus mengaktifkannya agar dapat bekerja optimal dengan peranti komputer Anda yang lain seperti hardisk atau CD-ROM yang mendukung UDMA 66. Caranya adalah sebagai berikut: Buka file registry windows Anda, kemudian carilah key berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E96A-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}000. Setelah itu tambahkan nilai DWORD yang diberi nama dengan EnabledUDMA66 dan isikan nilainya dengan angka 1.

Jika Anda masih pemula dalam mengedit file registry atau bahkan belum pernah melakukannya sama sekali, sangat disarankan untuk melakukannya bersama dengan teman atau orang yang lebih mengetahui tentang hal ini. Karena jika ada kesalahan sedikit saja dalam mengeditnya bisa berakibat fatal. Sistem bisa menjadi tidak stabil atau bahkan mungkin komputer tidak bisa booting lagi ke windows sehingga harus menginstal ulang windows. Well, sekali lagi Anda boleh percaya, boleh juga tidak.

=Majalah PCplus=

Advertisements
%d bloggers like this: