Air Car, BBM Diganti Udara

Udara yang kita hirup sehari-hari ternyata bisa untuk menjalankan mobil. Teknologi compressed air sebagai sumber tenaga mobil pertama kali dikembangkan oleh perusahaan MDI (Motor Development International) yang berbasis di Perancis sejak 1996. Tujuan awal perusahaan yang dipimpin Guy Negre memang ingin menciptakan energi yang ramah lingkungan. Ini dibuktikan dengan menciptakan Air Car yang bakal mass product 2009-2010!

Air Car menggunakan udara bertekanan tinggi setara 4.500 psi yang dimampatkan di dalam tangki khusus berkapasitas 340 liter udara. Tangki udara terbuat dari serat karbon yang kuat tapi ringan. Udara kemudian disalurkan ke semacam ruang bakar pada mesin bensin. Mesin alumunium yang dikembangkan MDI mempunyai berat hanya setengah dari mesin normal.

aircar

Mesin Murni digerakkan udara. Jika mau kebut mesti dicampur bahan bakar lain seperti gas atau bio diesel

Sebagai performa mampu ngebut hingga 56 km/jam. Ditahap ini, mobil benar-benar bebas polusi. Untuk bisa lebih kencang lagi, diperlukan bantuan bahan bakar untuk menghangatkan udara sehingga lebih banyak lagi udara bertekanan tinggi yang tercipta. Bahan bakar yang diperlukan bisa berupa gas, biodiesel ataupun minyak tumbuhan.

Satu tangki udara cukup untuk perjalanan sejauh 96 km. Tangki kosong bisa diisi ulang di tempat pengisian khusus hanya dalam waktu tiga menit. Pengisian juga bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan kompresor yang sudah tersedia di mobil. Hanya dengan menyambungkannya ke colokan listrik, tangki akan terisi dalam waktu empat jam.

Bodi Air Car yang terbuat dari bahan dasar yang ringan membuat sejumlah orang pesimis dengan keamanan mobil ini. Mereka meragukan kekuatan body apalagi masih di bawah standar keamanan di Amerika. Kendati begitu, India bekerja sama dengan MDI tetap optimis dan berencana akan memproduksi massal mobil ini pada 2009/2010. Hmm, semoga saja bisa secepatnya terwujud biar polusi semakin berkurang.

Penulis/Foto: Arie/Mdi
otomotifnet.com

%d bloggers like this: