Merawat Baterai Ponsel

Kualitas baterai yang di bawah standar merupakan salah satu penyebab baterai ponsel cepat habis. Faktor lainnya, pemakaian ponsel yang tidak efisien. Berikut ini beberapa pedoman agar baterai ponsel Anda memiliki daya tahan lebih lama atau tidak cepat habis.

Pertama, jangan aktifkan nada dering dan getar sekaligus, karena akan menguras energi baterai. Jadi gunakan salah satunya saja. Misalnya saat menonton film di bioskop, aktifkan nada getar. Begitu juga kala rapat. Sebaliknya, aktifkan nada dering ketika berada di tempat publik, seperti mal, stasiun, dan bandar udara.

Kedua, redupkan brightness layar ponsel Anda hingga 50 persen. Tujuannya agar energi baterai yang terpakai lebih hemat. Atur durasi backlight Anda, jangan biarkan menyala terlalu lama, cukup 5-15 detik saja. Lalu, matikan bluetooth, GPRS, atau infrared Anda jika tidak digunakan. Jangan sering-sering bermain game, mendengarkan musik, dan melakukan panggilan video agar baterai tak cepat habis.

Ketiga, letakkan ponsel Anda di tempat yang suhunya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat temperatur yang terlalu tinggi atau rendah. Misalnya, jangan letakkan handphone di dalam mobil yang terkena matahari, di atas laptop, atau di atas mesin game yang suhunya panas.

Keempat, sebaiknya matikan ponsel jika Anda berada di daerah yang sulit mendapatkan sinyal. Sebab, ponsel akan terus berusaha mencari sinyal sehingga menyebabkan baterai boros.

Kelima, jangan terlalu sering menghidupkan atau mematikan ponsel Anda. Bukan apa-apa, tenaga yang dibutuhkan untuk mencari kembali jaringan pelanggan sangat besar. Aktivitas itu akan mengurangi waktu siaga ponsel dari satu hingga dua jam.

Keenam, jika baterai habis, segera isi ulang sampai penuh. Namun, waspada, jika sudah penuh, segera cabut charger dari soket listrik dan kabel dari ponsel. Tujuannya agar baterai tidak mengembang atau memuai. Mudah-mudahan pedoman ini membuat baterai ponsel Anda awet.

TEMPO Interaktif

Advertisements
%d bloggers like this: