Tepat Konsumsi Tomat

Selama ini banyak yang menganggap mengonsumsi tomat dalam kondisi segar akan memperoleh kandungan gizi lebih baik dibanding yang telah diproses. Ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

Seperti yang diungkap penelitian badan pangan dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO), mengonsumsi buah tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu.

Kandungan likopen dalam tomat tidak rusak dan jumlahnya tidak jauh berubah selama pemanasan. Bahkan kandungan ltersebut akan meningkat 10 kali lipat setelah pengolahan menjadi saus atau pasta tomat.

Likopen merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak, namun likopen yang larut di dalam lemak justru sulit di serap oleh tubuh. Karenanya, disarankan mengolah tomat dengan cara di rebus atau dikukus.

Sebaiknya pilih yang tomat organik. Tomat organik lebih sehat karena bebas dari residu kimia, baik dari pupuk dan pestisida. Tomat dari hasil organik juga lebih tinggi kandungan kalsiumnya, sekitar 23 mg dibandingkan tomat unorganik yang hanya mengandung 5 mg kalsium.  (sciencedirect.com/rin)

republika.co.id

Advertisements
%d bloggers like this: