Bakteri dan Antibiotik

Apakah bakteri itu?

Bakteri (tunggal: bakterium) merupakan organisme mikrokospik bersel tunggal yang hidup berkoloni. Terdapat banyak jenis bakteri, dimana sebagian besar tidak berbahaya dan justru membantu proses pencernaan atau proses penguraian benda busuk. Sebagian kecil bakteri dapat menyebabkan penyakit pada manusia, hewan dan tumbuhan; yang disebut bakteri patogen.

Dimana bakteri hidup?

Bakteri dapat ditemukan di hampir di semua tempat, kecuali pada lokasi yang steril, seperti dalam aliran darah dan sumsum tulang belakang. Habitat alami mereka adalah di tanah, tumbuhan, air, kulit dan dalam saluran pencernaan manusia dan hewan. Mereka memiliki waktu yang bervariasi untuk bertahan hidup pada permukaan lainnya.

Apakah antibiotik itu?

Antibiotik (AB) adalah senyawa kimia yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri tanpa menimbulkan kerugian yang signifikan pada induknya (manusia atau binatang). AB dapat diproduksi secara alami (seperti penisilin) dari jamur atau bakterium, atau secara sintesis (seperti fluoroquinolones).

Bagaimana AB bekerja?

Aktivitas AB dapat diklasifikasikan sebagai “bakteriostatik” dan “bakteriosidal” Obat bakteriostatik tidak membunuh bakteri, namun menghentikan pertumbuhan bakteri tersebut. Pertumbuhan bakteri ini dihambat dengan tujuan untuk memberikan kesempatan pada tubuh manusia atau binatang untuk membentuk respon imun dan menghilangkan sumber infeksi yang non-growing. Obat-obatan ini biasanya menjadi pilihan saat sistem imun seseorang sedang menurun sehingga tidak mampu menghancurkan organisma yang ada di dalam tubuh. Lainnya, AB juga mengacaukan aktivitas bakteri, sebagai contoh, AB menyerang dinding luar dari sel bakteri (outer bacteria cell wall) atau selaput bagian dalam, atau menyerang chemical pathways bakteri yang dibutuhkan untuk hidup dan berkembang biak. AB tidak beraktivitas melawan virus.

Bagaimana AB digunakan?

AB digunakan untuk mengobati manusia dan hewan agar sembuh dari penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, dan dalam beberapa kasus, AB digunakan untuk mencegah infeksi bakteri (misal: sebelum operasi). AB juga diunakan untuk mempercepat tumbuhnya beberapa jenis makanan hewan AB juga dipakai sebagai pestisida untuk mengendalikan infeksi bakteri pada tanaman panen.

Ada berapa banyak AB?

Terdapat ratusan jenis AB, dimana sebagian besar masuk kedalam 8 grup famili besar. Obat-obatan tersebut diklasifikasikan berdasarkan struktur kimia dasar dari masing-masing AB. Sebagian besar AB yang masuk kedalam satu famili didasarkan pada proses penambahan atau penggantian didalam struktur inti obat.

tufts.edu
APUA: Alliance for the Prudent Use of Antibiotics, apua.org
sehatgroup.web.id

Advertisements
%d bloggers like this: