Tetap Sehat Selama Kehamilan

Menjaga kondisi tubuh anda selama kehamilan adalah hal yang sangat penting. Tentu saja, anda akan banyak mendapatkan saran-saran dari setiap orang – dokter, keluarga, teman, rekan kerja, dan bahkan orang yang tidak anda kenal – mengenai apa yang jangan atau harus dilakukan. Namun demikian, menjaga kesehatan selama hamil bergantung pada anda. Oleh sebab itu, sedapat mungkin lengkapi diri anda dengan informasi-informasi seputar kesehatan anda dan bayi anda.

Perawatan Sebelum Melahirkan

Kunci untuk menjaga janin anda agar tetap sehat adalah dengan melakukan perawatan kehamilan secara rutin. JIka anda merasa sedang hamil, hubungi penyedia layanan kesehatan untuk melakukan perjanjian.

Anda harus melakukan pemeriksaan pertama saat kandungan anda berusia 6 – 8 minggu, dimana ini adalah saat menstruasi anda telah terlambat 2 – 4 minggu.

Pada kunjungan yang pertama ini, dokter akan menghitung usia janin berdasarkan pemeriksaan fisik dan tanggal terakhir menstruasi. Dokter juga akan menggunakan informasi tersebut untuk memperkirakan tanggal kelahiran (namun begitu, ultrasound yang dilakukan selama kehamilan akan dapat membantu menentukan tanggal pastinya).

Jika kondisi tubuh anda sehat dan tidak ada faktor resiko komplikasi, anda dapat mengunjungi dokter:

Setiap 4 minggu hingga usia kehamilah 28 minggu Lalu setiap 2 minggu hingga kehamilan 36 minggu , Selanjutnya seminggu sekali hingga saat kelahiran ,

Sepanjang kehamilan anda, dokter akan mengecek berat badan, tekanan darah, pertumbuhan dan perkembangan janin (dengan memeriksa kondisi perut, mendengarkan detak jantung janin saat kehamilan trimester kedua, dan mengukur perut). Saat kehamilan, anda akan menjalani prenatal tests, termasuk darah, air seni dan tes servik, dan mungkin juga ultrasound.

Jika anda masih memilih penyedia layanan kesehatan untuk berkonsultasi dan melakukan pengecekan kehamilan, berikut beberapa pilihan:

  • obstetricians/gynecologists (atau disebut OB/GYNs – dokter spesialis kehamilan dan kelahiran, dan perawatan kesehatan wanita)
  • family practitioners (dokter yang melayani jasa kesehatan untuk semua umur – dalam hal tertentu, juga termasuk perawatan kebidanan)
  • certified nurse-midwives (bidan spesialis perawatan kesehatan wanita, termasuk perawatan selama kehamilan, proses kelahiran, dan perawatan pasca kelahiran “normal”; selain itu masih ada beberapa jenis bidan, dimana sebaiknya anda harus memilih bidan yang memiliki pelatihan formal dan keahlian dalam bidang ini)

Pilihan-pilihan diatas adalah pilihan yang baik jika kondisi anda sehat dan tidak beresiko terhadap komplikasi kehamilan dan kelahiran. Bagaimanapun, bidan harus merujuk kepada dokter jika timbul masalah pada proses kelahiran atau membutuhkan operasi sesar.

Nutrisi dan Suplemen

Saat ini anda harus mengkonsumsi makanan untuk 2 orang (eating for two) (atau lebih!), ini bukan saatnya untuk mengurangi asupan kalori atau melakukan diet. Justru sebaliknya – anda membutuhkan ekstra kalori 300 perhari, terutama saat janin anda berkembang pesat. Jika anda terlalu kurus atau hemil kembar, anda membutuhkan kalori yang lebih besar lagi. Namun jika anda kelebihan BB (overweight), dokter akan menyarankan anda untuk mengasup ekstra kalori yang lebih kecil.

Makanan sehat adalah hal yang penting, terutama saat anda hamil. Jadi, pastikan anda mengasup kalori dari makanan-makanan bergizi agar dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi anda.

Usahakan mengkonsumsi makanan sehat seimbang yang tergabung dalam dietary guidelines, yaitu:

daging tanpa lemak buah-buahan , sayur-sayuran , roti gandum , produk susu (dairy products) rendah lemak ,

Dengan mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang, anda akan mendapatkan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan. Namun jika anda sedang hamil, anda membutuhkan lebih banyak nutrisi-nutrisi penting (seperti kalsium, besi dan folic acid). Dokter anda akan memberikan vitamin-vitamin kehamilan agar anda dan bayi anda mendapatkan vitamin yang cukup.

Namun, jika anda mengkonsumsi vitamin kehamilan, tidak berarti anda boleh mengkonsumsi makanan yang rendah gizi. Penting untuk diingat bahwa anda tetap harus makan makanan sehat selama hamil. Vitamin kehamilan dimaksudkan sebagai penambah nutrisi dan bukan merupakan satu-satunya sumber nutrisi yang dibutuhkan.

Kalsium

Pada sebagian besar wanita berusi 19 tahun atau lebih – termasuk yang sedang hamil – tidak selalu mendapatkan 1,000 mg kalsium harian yang disarankan. Karena tingginya kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan bayi anda, anda harus menambah konsumsi kalsium untuk mencegah tulang anda kehilangan kalsiumnya. Dokter juga akan memberikan vitamin kehamilan bagi anda yang mengandung ekstra kalsium.

Sumber-sumber kalsium:

Susu dan dairy products yang rendah lemak, seperti keju dan yogurt Produk calcium-fortified, termasuk jus jeruk, susu kedelai dan sereal , Sayur-sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kale dan brokoli , tofu , kacang-kacangan yang dikeringkan , almond ,

Zat Besi

Wanita yang hamil membutuhkan kalsium (zat besi) sebesar 27 – 30 mg perhari. Mengapa? Karena zat besi dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin, komponen pengangkut oksigen dalam sel darah merah. Sel darah merah bersirkulasi di dalam tubuh untuk menyebarkan oksigen kepada seluruh sel yang ada.

Tanpa adanya zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang memadai dan organ-organ dan jaringan-jaringan di dalam tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang dibutuhkan untuk dapat berfungsi dengan baik. Jadi, hal ini sangat penting bagi wanita hamil untuk mencukupi kebutuhan zat besinya sehari-hari – untuk dirinya dan janin yang sedang berkembang.

Walaupun nutrisi bisa didapatkan dalam berbagai jenis makanan, zat besi yang berasal dari daging lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan zat besi yang terkandung pada tanaman. Berikut beberapa makanan yang kaya akan zat besi:

  • daging yang berwarna merah
  • unggas yang berwarna gelap
  • tuna
  • salmon
  • telur
  • tofu
  • enriched grains
  • kacang-kacangan kering
  • buah-buahan kering
  • sayur-sayuran yang berdaun hijau
  • blackstrap molasses
  • sereal makan pagi yang diperkaya dengan zat besi

Folate (Folic Acid)

The U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan bahwa semua wanita yang sedang hamil – dan terutama bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan – mengkonsumsi sekitar 400 micrograms (0.4 mg) suplemen folic acid setiap harinya, yang bisa didapat dari multivitamin atau suplemen folic acid sebagai penambah folic acid yang didapat dari makanan.

Jadi, mengapa folic acid begitu penting? Hasil studi menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen folic acid sejak 1 bulan sebelum dan selama 3 bulan pertama kehamilan dapat mengurangi resiko neural tube defects hingga 70%.

The neural tube, yang nantinya akan menjadi otak dan urat saraf tulang belakang bayi, terbentuk saat 28 hari pertama saat kehamilan, dimana biasanya wanita tersebut belum menyadari bahwa dirinya tengah hamil. Jika neural tube tidak terbentuk dengan baik akan menyebabkan neural tube defect seperti spina bifida.

Lagi, dokter anda akan meresepkan vitamin kehamilan yang mengandung folic acid dengan takaran yang sesuai. Beberapa penyedia layanan kesehatan kehamilan merekomendasikan untuk mengkonsumsi suplemen folic acid tambahan, terutama bagi wanita yang telah memiliki anak dengan neural tube defect.

Jika anda membeli suplemen yang dijual bebas, ingatlah bahwa walaupun sebagian besar multivitamin mengandung folic acid, tidak semuanya memiliki takaran folic acid yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh wanita hamil. Jadi, periksalah label kemasannya sebelum memutuskan untuk memilih produk tertentu dan konsultasikanlah ke dokter anda.

Air

Mengasup banyak cairan, terutama air putih, juga hal yang penting. Pada wanita hamil, volume darah meningkat drastis, dan untuk menghindari masalah-masalah umum seperti dehidrasi dan konstipasi, minumlah air yang cukup setiap hari.

Olahraga

Pedoman gizi 2005 merekomendasikan bahwa wanita hamil yang memiliki kondisi tubuh yang sehat dapat melakukan aktivitas fisik sedang (moderate) setiap harinya selama 30 menit atau lebih. Berolahraga selama kehamilan memiliki keuntungan yang besar.

Olahraga rutin akan membantu:

  • mencegah penambahan BB yang berlebihan
  • mengurangi masalah-masalah kehamilan, seperti punggung pegal, bengkak, dan konstipasi
  • tidur lebih nyaman
  • menambah energi
  • memperbaiki penampilan
  • persiapan melahirkan
  • mempercepat waktu penyembuhan

Jika anda telah mengikuti program olahraga sebelum hamil, konsultasikan kepada dokter anda apakah aman jika diteruskan. Jika sebelumnya anda tidak aktif berolahraga dan/atau anda memiliki kehamilan dengan resiko tinggi, konsultasikan pada dokter anda bagaimana cara yang aman untuk memulai olahraga.

Gerakan low-impact, aktivitas olahraga dengan intensitas sedang (seperti jalan dan berenang) adalah pilihan-pilihan yang bagus. Anda juga dapat mengikuti kelas yoga atau pilates, DVD, atau video yang sesuai dengan kondisi kehamilan anda. Hal-hal tersebut selain merupakan low-impact, juga melatih kekuatan, fleksibilitas, dan relaksasi.

Namun anda harus membatasi olahraga aerobic high-impact dan menghindari aktivitas dan olahraga-olahraga tertentu yang memiliki resiko untuk jatuh atau luka/sakit daerah perut. Olahraga-olahraga yang bersifat kontak, ski, dan menunggang kuda juga harus dihindari.

Anda juga harus mengetahui bagaimana tubuh anda berubah. Selama kehamilan, tubuh anda memproduksi hormone relaxin, yang membantu daerah pubis dan rahim untuk proses kelahiran. Hormon relaxin ini juga mengendurkan ikatan sendi-sendi dalam tubuh anda yang menyebabkan kurang stabilnya tubuh dan semakin beresiko akan terluka.

Jadi, sangat mudah terjadi keseleo, terutama pada tulang sendi daerah pelvis, pinggang belakang, dan lutut. Sebagai tambahan, pusat gravitasi tubuh anda berubah sejalan dengan berkembangnya kehamilan, yang akan menyebabkan tubuh terasa tidak seimbang dan beresiko jatuh. Ingatlah, jika anda ingin melakukan suatu aktivitas, jangan melakukan berlebihan.

Jenis apapun olahraga yang anda pilih, pastikan sering berhenti untuk beristirahat dan minum yang banyak. Dan gunakan common sense anda- lambatkan atau hentikan jika anda mengalami kesulitan bernafas atau merasa tidak nyaman. Tanyakan pada dokter anda untuk mendapatkan pedoman-pedoman mengenai pertanyaan seputar olahraga atau aktivitas tertentu selama kehamilan.

Tidur

Usahakan untuk cukup tidur selama kehamilan. Tubuh anda saat hamil bekerja lebih keras untuk menyokong kehidupan baru, yang menyebabkan anda merasa lebih lelah dibanding biasanya. Dan semakin besar kandungan, anda akan semakin kesulitan untuk menemukan posisi yang nyaman untuk tidur.

Tidur menyamping dengan lutut menekuk bisa menjadi posisi tidur yang paling nyaman saat hamil. Posisi tidur seperti ini juga memperingan kerja jantung anda karena berat janin tidak menekan pembuluh darah besar yang membawa dari darah dari dan ke jantung dan kaki anda. Tidur menyamping juga dapat mencegah atau mengurangi pelebaran pembuluh darah, konstipasi, sembelit, dan kaki bengkak.

BEberapa dokter menyarankan posisi tidur yang menyamping ke kiri. Karena organ hati anda berada di sebelah kanan perut, tidur menyamping ke kiri akan terhindar dari himpitan rahim terhadap organ hati anda. Posisi tidur menyamping ke kiri ini juga mengoptimalkan aliran darah menuju placenta dan bayi anda.

Tanyakan saran dokter anda. Pada kebanyakan kasus, tidur menyamping dapat menyelesaikan masalah dan dapat mengurangi tekanan pada bagian belakang tubuh anda. Untuk mencari posisi istirahat yang lebih nyaman, letakkan bantal penyangga diantara kaki anda, dibawah punggung, dan dibawah perut.

Beberapa hal Yang Harus Dihindari

Saat anda hamil, apa yang tidak boleh dikonsumsi oleh anda (atau terkena tubuh andaI sama pentingnya seperti apa yang anda lakukan. Berikut hal-hal yang harus dihindari:

Alkohol

Walaupun nampaknya aman untuk meminum segelas wine saat makan malam atau segelas beer, tidak ada orang yang tahu seberapa banyak “jumlah aman” alkohol yang dikonsumsi selama kehamilan. Alkohol adalah salah satu yang biasa menyebabkan kerusakan mental dan fisik, dimana alcohol lebih dapat memperparah abnormalnya janin dibanding akibat dari heroin, kokain, atau marijuana.

Alkohol mudah disalurkan kedalam janin, dimana janin ini tidak memiliki perangkat organ yang cukup untuk mengeliminir pengaruh alkohol dibandingkan ibunya. Ini artinya bayi yang belum lahir cenderung untuk membentuk konsentrasi alkohol yang tinggi, yang akan menetap didalam tubuh bayi untuk waktu yang lebih lama dibanding ibunya. Dan banyaknya konsumsi alkohol yang moderate, seperti saat pesta minuman, dapat merusak system syaraf perkembangan bayi.

Jika anda telah terlanjur meminum segelas atau dua gelas alkohol sebelum anda tahu bahwa anda hamil, tidak perlu terlalu cemas. Yang perlu anda lakukan adalah tidak lagi meminum alkohol sedikitpun selama kehamilan.

Obat-obatan

Obat-obatan yang dikonsumsi wanita hamil akan menyebabkan resiko kelahiran premature, pertumbuhan janin yang buruk, cacat lahir, dan masalah belajar dan tingkah laku. Dan sang bayi mungkin juga akan mengalami ketagihan (addict) terhadap obat-obatan tersebut.

Jika anda mengkonsumsi obat-obatan saat hamil, klinik kesehatan seperti Planned Parenthood akan menawarkan penyedia jasa kesehatan, dengan sedikit atau tanpa biaya, yang dapat membantu anda untuk meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan ini dan membantu anda untuk menjalani masa kehamilan dengan lebih sehat.

Jika anda pernah mengkonsumsi obat-obatan saat anda hamil, segeralah menginformasikan kepada dokter anda, karena meskipun anda berhenti mengkonsumsi, janin anda tetap memiliki resiko akan masalah kesehatannya.

Nikotin

Anda pasti tidak mau memasangkan batang rokok menyala pada mulut bayi anda. Hal yang konyol ini sebenarnya terjadi juga pada wanita hamil yang tetap merokok. Wanita hamil yang merokok memberikan nikotin dan carbonmonoksida kepada janinnya.

Resiko-resiko merokok pada janin adalah:

Lahir meninggal Prematur , BB Lahir Rendah , SIDS (sindrom kematian bayi mendadak) , Asma dan masalah pernafasan lainnya ,

Jika anda merokok, kehamilan bisa menjadi motivasi anda untuk berhenti merokok. Bicarakan pada dokter anda mengenai cara-cara menghentikan kebiasaan merokok anda.

Kafein

Konsumsi kafein yang tinggi dapat meningkatkan resiko keguguran, jadi, sebaiknya konsumsi kafein dikurangi atau dihindari sebisa mungkin.

Jika anda mengalami kesulitan untuk mengurangi konsumsi kegemaran meminum kopi, berikut langkah awal yang dapat anda lakukan:

  • Kurangi konsumsi kopi hingga 1 – 2 cangkir perhari.
  • Secara bertahap kurangi jumlah kafein dengan mencampurkan kopi decaffeinated dengan kopi biasa (regular coffee).
  • Hentikan penggunaan regular coffee.

Ingatlah, bahwa kafein tidak hanya terdapat di dalam kopi. The hijau dan the hitam, cola dan minuman ringan (soft drink) juga mengandung kafein. Cobalah untuk menggantinya dengan produk-produk decaffeinated (yang tetap mengandung kafein, tetapi dalam jumlah yang lebih kecil) atau produk yang bebas kafein.

Jika anda juga mencemaskan coklat (yang juga mengandung kafein), kabar baik bahwa anda dapat mengkonsumsinya asalkan tidak berlebihan. Kandungan kafein yang terdapat dalam coklat perbatang adalah 5 – 30 mg, sedangkan kafein yang terkandung dalam kopi mencapai 95 – 135 mg. Jadi, tidak ada masalah mengkonsumsi coklat yang tidak banyak.

Makanan-makanan Tertentu

Walaupun anda memerlukan makanan sehat selama kehamilan, anda juga harus menghindari makanan yang dapat menimbulkan penyakit, seperti listeriosis dan toxoplasmosis, yang dapat mengancam jiwa janin dan menyebabkan cacat lahir atau keguguran.

Makanan-makanan yang sebaiknya anda hindari termasuk:

  • Keju lembut, unpasteurized (biasanya disebut “fresh”) seperti feta, goat, Brie, Camembert, and blue cheese
  • Susu unpasteurized, jus, and cuka apel
  • Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah, seperti mousse, tiramisu, raw cookie dough, homemade ice cream, dan Caesar dressing (walaupun beberapa merek dressing yang dibeli oleh toko tidak mengandung telur mentah)
  • raw daging mentah atau yang kurang matang, ikan (sushi) atau kerang-kerangan
  • processed meats seperti hot dogs dan deli meats (harus dimasak hingga matang)

Sebenarnya ikan dan kerang-kerangan merupakan makanan yang sangat bergizi bagi ibu hamil (karena mangandung lemak asam omega-3, tinggi protein dan rendah saturated fat). Namun, sebaiknya anda hindari mengkonsumsi:

daging hiu ikan todak (swordfish) , king mackerel , tilefish ,

Jenis-jenis ikan diatas biasanya mengandung tingkat merkuri yang tinggi, yang dapat menyebabkan kerusakan otak janin yang sedang berkembang. JIka anda ingin mengkonsumsi seafood, makanlah berbagai jenis ikan dan kerang-kerangan, dan batasi jumlahnya hingga 12 ons per minggu, yaitu sekitar 2 porsi makan.

Changing the Litter Box

Saat Kehamilan adalah saat utama untuk menjauhkan diri dari tempat buang kotoran (litter box) binatang peliharaan. Mengapa? Karena infeksi toxoplasmosis dapat disebarkan oleh litter box yang kotor dan dapat menyebabkan masalah serius, seperti kelahiran premature, perkembangan janin yang buruk, dan kerusakan otak dan mata yang parah. Wanita hamil yang terinfeksi seringkali tidak tampak gejalanya, tetapi tetap akan menularkan infeksi tersebut kepada bayi yang dikandungnya.

Obat-Obatan Bebas dan Resep Dokter

Walaupun obat-obatan yang dijual bebas secara umum aman, wanita hamil dilarang untuk mengkonsumsinya karena sangat mempengaruhi kondisi janin. Obat-obatan tertentu yang diresepkan juga dapat merugikan janin yang sedang berkembang.

Agar anda yakin bahwa tidak ada yang membahayakan janin anda, lakukanlah hal-hal berikut:

  • Tanyakan dokter anda obat-obatan apa – baik dijual bebas maupun yang diresepkan – yang aman dikonsumsi selama hamil.
  • Bicarakan dengan dokter anda tentang obat-obatan resep yang sedang anda konsumsi.
  • Beritahukan pada seluruh dokter anda bahwa anda sedang hamil, sehingga mereka akan selalu memberikan resep obat yang sesuai dengan kondisi anda.
  • Diskusikan mengenai obat alami, suplemen, dan vitamin.

Jika anda sedang mengkonsumsi obat untuk penyakit yang sedang anda derita sebelum kehamilan, konsultasikan dengan dokter anda. Dokter akan membantu mengukur manfaat dan resiko dari obat jika terus anda konsumsi.

Jika anda sakit (seperti cold) atau memiliki gejala yang menyebabkan rasa tidak nyaman atau rasa sakit (sakit kepala atau sakit punggung), konsultasikan dengan dokter anda tentang obat yang bisa anda konsumsi dan alternative penyembuhan lainnya tanpa obat.

Kebiasaan Sehat saat Kehamilan: Dari Awal Hingga Akhir

Selama kehamilan, sejak minggu pertama hingga minggu ke-empatpuluh, anda perlu menjaga diri demi kesehatan sang bayi. Walaupun anda harus berhati-hati atas apa yang anda lakukan – dan tidak lakukan – akan mempengaruhi bayi anda, banyak wanita yang mengatakan bahwa mereka tidak pernah merasa lebih sehat disbanding saat sedang hamil.

Sumber
Staying health during pregnancy.
Updated and reviewed by: Mary L. Gavin, MD
Originally reviewed by: George Macones, MD, and Steven Dowshen, MD
Mary L. Gavin, MD
sehatgroup.web.id

%d bloggers like this: