Sekilas Tentang Tidur

Tidur yang cukup membantu memulihkan kesegaran, kebugaran, serta stamina tubuh. Beberapa riset menunjukkan kurang tidur mengakibatkan kehilangan kekuatan, kerusakan pada sistem kekebalan, dan meningkatkan tekanan darah.

Meski kebutuhan orang per orang untuk tidur berbeda, namun secara umum sebagian orang dewasa sehat rata-rata membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur. Tidur penting untuk menjaga kesehatan baik fisik dan mental.

Tidur juga penting untuk fungsi emosional dan mental. Kurang tidur dapat mempengaruhi konsentrasi dan merusak kemampuan untuk melakukan kegiatan yang melibatkan otak. Kurang tidur juga dapat menyebabkan proses penuaan dini.

Namun, mengapa suatu waktu mengalami kesulitan tidur. Kesulitan tidur atau yang sering disebut insomnia umumnya disebabkan oleh stres, obat-obatan, rasa sakit, penyakit, lingkungan yang berisik, bahkan obat tidur. Insomnia ringan berlangsung sampai tiga minggu dapat disebabkan oleh kegelisahan, gugup, dan ketegangan fisik dan mental.

Insomnia disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti depresi. Dapat juga disebabkan oleh pemakaian narkoba atau alkohol yang berlebihan, minuman yang mengandung kafein, dan penyalahgunaan obat tidur.

Orang yang depresi sering mengeluhkan insomnia tanpa mengetahui bahwa mereka mengalami depresi. Jika kehilangan semangat dalam kegiatan atau jika merasa putus asa atau malahan mau bunuh diri, masalah tidur mungkin diakibatkan depresi.

Agar dapat tidur nyenyak dan nyaman, sebenarnya hanya perlu kesadaran bahwa tidur malam yang baik sama pentingnya untuk kesehatan, seperti olahraga dan asupan gizi yang baik. Masalah kesulitan tidur dapat diperbaiki dengan mengubah kebiasaan tidur, mengurangi stres, memperbaiki diet, dan berolahraga secara teratur.

Salah satu cara mengatasi kesulitan tidur adalah dengan mengurangi atau menghentikan pemakaian kafein, nikotin, dan alkohol. Kafein dan nikotin dapat menjadi penyebab kesulitan tidur. Walaupun alkohol awalnya menyebabkan kantuk, namun dapat mengganggu tidur. Minum minuman beralkohol di malam hari merangsang tubuh melakukan metabolisme sehingga mengalami kesulitan tidur.

Olahraga secara teratur pada siang hari dapat mengurangi kesulitan tidur. Bahkan, olahraga rutin dapat memperbaiki mutu tidur. Waktu berolahraga paling baik agar terasa manfaatnya saat tidur adalah sore hari.

Minum lebih sedikit cairan sebelum tidur, menghindari makanan berat, dan makanan minuman yang tinggi kadar gulanya menjelang waktu tidur, upaya lain agar dapat tidur nyenyak. Walaupun pil tidur bermanfaat mengatasi kesulitan tidur, sebaiknya dipakai hanya saat yang mendesak. Sebab, obat tidur akhirnya dapat menyebabkan gangguan tidur, berefek samping, dan ketergantungan.

keluargasehat.com

Advertisements
%d bloggers like this: