Kehamilan Yang Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Preeklamsia adalah suatu kondisi dimana tekanan darah meningkat selama masa kehamilan. Bila tekanan darah anda meningkat, tubuh anda menahan air, dan protein bisa ditemukan dalam urin anda. Hal seperti ini juga disebut sebagai toxemia atau pregnancy induced hypertension (PIH). Penyebab pasti terjadinya kasus preeklamsia tidak diketahui.

Siapakah yang beresiko mengalami preeklamsia?

Berikut ini daftar ibu hamil yang memiliki resiko tinggi mengalami preeklamsia:

  • Baru pertama kali hamil
  • Ibu hamil yang ibunya atau saudara perempuannya pernah mengalami preeklamsia
  • Ibu hamil dengan kehamilan kembar; ibu hamil usia remaja; dan ibu hamil berusia lebih dari 40 tahun
  • Ibu hamil yang sebelum kehamilannya memiliki penyakit darah tinggi atau penyakit ginjal

Apakah gejala-gejala preeklamsia?

Preeklamsia ringan: Tekanan darah yang tinggi, retensi air, protein dalam urin

Preeklamsia berat: sakit kepala, pandangan kabur, tidak dapat melihat cahaya yang terang, kelelahan, mual/muntah, sedikit buang air kecil (BAK), sakit di perut bagian kanan atas, napas pendek dan cenderung mudah cedera. Segera hubungi dokter anda bila anda mengalami pandangan kabur, sakit kepala yang parah, sakit di bagian perut, dan/atau jarang sekali BAK.

Bagaimana cara mengetahui apakah saya mengidap preeklamsia?

Pada pemeriksaan sebelum kelahiran dokter anda akan memeriksa tekanan darah, jumlah urin dan mungkin meminta anda untuk menjalani tes darah yang bisa menunjukkan bila anda mengidap preeklamsia.

Dokter anda juga dapat melakukan beberapa tes, termasuk diantaranya: pemeriksaan ginjal, fungsi pembekuan darah; pemeriksaan dengan USG untuk melihat pertumbuhan janin anda; dan pemindaian dengan alat Doppler untuk mengukur efisiensi aliran darah ke plasenta.

Bagaimana pengobatan untuk preeklamsia?

Pengobatan yang dilakukan tergantung pada seberapa dekat tanggal perkiraan kelahiran anda. Bila anda sudah dekat dengan tanggal perkiraan kelahiran, dan bayi anda sudah dianggap sudah cukup berkembang, maka dokter anda mungkin akan menyarankan untuk mengeluarkan bayi anda sesegera mungkin.

Bila anda mengidap preeklamsia sedang dan bayi anda belum berkembang secara penuh, dokter anda mungkin akan merekomendasikan agar anda melakukan hal-hal berikut ini:

  • Istirahat, berbaring pada sisi kiri tubuh agar janin anda tidak menindih urat darah.
  • Sering melakukan pemeriksaan sebelum kelahiran
  • Mengurangi makan garam
  • Minum 8 gelas air per hari

Bila anda mengidap preeklamsia berat, dokter anda mungkin akan mengobatinya dengan memberikan obat-obat untuk menekan tekanan darah sampai perkembangan bayi anda cukup untuk dapat dilahirkan dengan selamat.

Bagaimana preeklamsia dapat mempengaruhi bayi saya?

Preeklamsia dapat membuat plasenta tidak mendapatkan darah dalam jumlah yang cukup. Bila plasenta tidak mendapatkan cukup darah, maka bayi anda tidak akan mendapatkan cukup oksigen dan makanan. Ini dapat mengakibatkan kelahiran dengan berat badan rendah.

Kebanyakan ibu hamil yang menderita preeklamsia dapat melahirkan bayi yang sehat bila preeklamsia dapat dideteksi secara dini dan ditangani dengan perawatan teratur sebelum kelahiran.

Bagaimana cara mencegah preeklamsia?

Sampai saat ini, tidak ada cara pasti untuk mencegah preeklamsia. Ada faktor-faktor yang dapat penyebab terjadinya tekanan darah tinggi yang dapat dikontrol, ada juga yang tidak. Ikuti instruksi dokter anda mengenai diet dan olahraga.

  • Gunakan sedikit garam atau sama sekali tanpa garam pada makanan anda
  • Minum 6-8 gelas air sehari
  • Jangan banyak makan makanan yang digoreng dan junkfood
  • Olahraga yang cukup
  • Angkat kaki anda beberapa kali dalam sehari
  • Hindari minum alkohol
  • Hindari minuman yang mengandung kafein
  • Dokter anda mungkin akan menyarankan anda untuk minum obat dan makan suplemen tambahan.

Pregnancy Induced Hypertension (PIH): Preeclampsia or Toxemia, americanpregnancy.org
sehatgroup.web.id

%d bloggers like this: