Rahasia Memperbanyak Florida Beauty

Masih ingat Florida Beauty? Tanaman yang mengandalkan keindahan daunnya itu kini menyusul popularitas tanaman hias lain macam agiaonema karena tampilannya memang aduhai dari segala sisi. Sebab itu, sudah saatnya ia diperbanyak dan dikembangkan. ( Florida beauty adalah sosok yang cocok difungsikan sebagai tanaman dalam ruangan (indoor) lan-taran daun-daunnya yang memikat memiliki kekuatan bertahan hidup kehdati hanya mendapat sentuhan sinar matahari terbatas. Akan tambah ciamik lagi kalau ia disandingkan dengan aglaonema di teras atau dalam ruangan. Singkat kata, nuansa dalam rumah berubah sejuk, asri dan nyaman.

florida-beauty

Nah seiring dengan naiknya gengsi florida beauty, maka sudah saatnya ia dikembangkan sebagai tanaman komersial layaknya aglaonema, adenium dan anthurium. Bagaimana kiat mengembangkannya?

Barokah Nursery selaku kolektor florida beauty kini lagi getol mengembangkannya dalam kapasitas besar. Menurut Iwan Renaldy, owner Barokah Nursery, bahwa memperbanyak florida beauty itu sangat gampang dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Karena gam-pang, para penghobi jangan ragu-ragu lagi untuk mencobanya, papar Iwan Renaldy di lokasi nurserinya di Jl Wahidin Husodo Krian Sidoarjo belum lama ini.

Cara memperbanyak florida Beauty hanya dengan teknik stek batang dan cabang. Batang dan cabang-cabang florida beauty, potensi dikembangkan jadi bibit bermutu. Dengan cara demikian, tanaman dewasa memiliki tampilan sesuai dengan induknya, tambahnya.

Media Tanam

Sebelum menyetek florida beauty, awalnya menyiapkan media tanam yang berupa oplosan antara arang sekam dan cocopeat dengan perbandingan 2:1. Artinya, komposisi media tanam itu terdiri dari arang sekam (sekam bakar) 2 bagian dan cocopeat 1 bagian.

Lalu oploskan dan aduk hingga merata. Kemudian media tersebut masukkan ke dalam pot yang telah disiapkan. Jumlah pot bebas tergantung dari selera. Bisa 10, 20 atau berapa pun banyaknya. Pot berukuran bebas semisal berisi media 0,5 – 2 kiloan, papar pria yang kini juga getol membikin aglaonema silangan itu.

Menyiapkan Tanaman

Setelah media tenam beres, tanaman florida beauty yang telah dewasa dengan ciri memiliki banyak percabangan kemudian disiapkan.

Florida beauty yang bakal dijadikan indukan untuk diperbanyak jadi bibit, minimal berumur 1 tahunan. Saat itu florida beauty memiliki percabangan yang amat banyak dan berukuran besar-besar. Diameter cabang masing-masing bisa menembus 0,5 cm.

Tiap-tiap cabang yang ada kemudian dipotong-potong dengan arah miring. Hal ini dimaksudkan supaya permukaan potongan yang bakal menjadi tempat tumbuhnya akar itu lebih luas dan lebar. Semakin lebar permukaan potongan, dipastikan tempat tumbuhnya akar kian banyak. Dan akar yang tumbuh dipastikan banyak dan tentu berpengaruh terhadap kualitas bibit florida beauty sendiri, papar pria yang akrab disapa Iwan itu.

Fenomena Umur 2-3 Bulan

Setelah tanaman dewasa, pot nggak usah diganti atau florida beauty tidak pindah pot melainkan tetap ada di pot pembibitan. Sebab itu, upayakan pot harus agak besar dengan banyaknya media tanam minimal 0,5 kilo, papar pria Iwan.

Terhitung 1 – 2 bulan dari persemaian, florida beauty sudah tumbuh akar dan daun-daunnya dengan sempurna. Daun-daunnya sudah ada yang lebar dan lebat yang disertai pem-besaran batangnya.

Saat itu pula, cabang-cabang baru mulau bermuncaulan yang mengindikasikan florida beauty akan membentuk tajuk yang sempurna dan indah. Baru, setelah florida beauty berumur 2-3 bulan, daun-daunnya yang menghijau mulai memancarkan bintik-bintik putih.

Ya saat itu bintik-bintik putih semakin keluar dari permukaan daun florida beauty. Semakin lama, bintik-bintik yang jadi khas di florida beauty semakin banyak saja. Hal ini menandakan florida beauty bakal tampil cantik lantaran keluarnya warna putih itu justru yang jadi daya tarik florida beauty, papar Iwan.

Lebih Berhasil Menyertakan Daun-daunnya

Pemotongan percabangan itu sebaiknya disertakan dengan daun-daunnya. Artinya, pada tiap-tiap cabang yang dipotong, daun-daun di atasnya jangan dibuang melainkan harus tetap ada. Saat pemotongan itu, cabang-cabang florida beauty harus disertai daun-daunnya yang rimbun. Dan panjang tiahan stek bisa mencapai 15-20 cm, papar Iwan.

  • Kalau potongan cabang sudah siap, baru langsung disemaikan pada .media tanam yang sudah dimasukkan dalam pot.
  • Tiap-tiap pot hanya berisi 1 bibit florida beauty saja. Awas bibit stek yang disemaikan tadi harus disertai daun-daunnya Iho, papar Iwan.
  • Langkah berikutnya hanya menyiram bibit stek tersebut 2-3 hari sekali. Tujuan menyiram ini cuman menciptakan media tanam tetap terjaga kelembabannya.
  • Kalau lembab, bahan stek tersebut cepat tumbuh akar dan tunas-tunasnya.
  • Kira-kira umur 1 – 2 mingguan, bibit stek tersebut sudah tumbuh perarakannya yang disusul tunas-tunasnya,
  • Kalau sudah demikian berarti stek florida beauty dinyatakan berhasil.
  • Sejak itulah florida beauty dipelihara sampai dewasa di pot bersangkutan.

agrobis / kebonkembang.com

Advertisements
%d bloggers like this: