Membersihkan CD dan Floppy

Beberapa kali saya menyimpan teks dan foto dalam CD atau floppy, namun gagal. Begitu juga ketika membuka file, ternyata tidak keluar. Kawan saya menjelaskan, drive keduanya kotor. Bagaimana cara membersihkannya? Terima kasih.

Fauzan / Kota Bandung

Jawab:

Sebelum saya jelaskan prosedur membersihkan kedua drive itu, ada baiknya kita memperhatikan lingkungan sekitar. Pertama-tama, jangan meletakkan komputer di lantai, taruhlah perangkat itu di atas meja. Pada saat mulai membersihkan, cabut saklar listrik sehingga tidak ada daya yang terhubung. Bersihkan debu yang menempel dengan mesin penyedot debu atau lainnya. Misalnya dengan lap yang lembut atau cairan pembersih dan handuk kertas. Untuk komponen di dalam komputer, jangan dibersihkan dengan lap basah. Terakhir, berhati-hatilah ketika makan dan minum di dekat komputer.

Bagaimana membersihkan CD-ROM ? Pastikan disk dalam keadaan bersih dan tanpa goresan. Selalu gunakan pembersih lensa laser untuk membersihkan drive. Masukkan pembersih lensa laser dan jalankan selama 2 sampai 3 menit. Gunakan pembersih CD drive yang baik untuk membersihkan lensa laser CD-ROM dari debu. Jika drive masih bermasalah, bukalah dan bersihkan lensa dengan cotton swab.

Bagaimana dengan CD/DVD ? Jangan menyentuh sisi data atau writeable dari CD/DVD. Untuk memindahkannya, pegang pada lubang di bagian tengah atau sisi luar CD/DVD.

Hindarkan disk kamu dari sinar matahari, panas, atau apa pun yang membuat goresan. Selalu bersihkan debu dengan lap yang lembut atau pembersih CD/DVD. Caranya, mulailah dari bagian dalam kemudian ke luar. Simpan semua disk kamu dalam posisi vertikal dalam kotak untuk menghindari debu. Untuk membersihkan floppy drive, pastikan perangkat itu dalam keadaan bersih dan tanpa goresan. Selalu gunakan kit pembersih yang dirancang khusus untuk membersihkan perangkat reading atau writing. Kit pembersih itu berisi kain dan cairan. Gunakan kit yang baik untuk membersihkan disk dari debu. Jika drive kamu masih ngadat, bukalah dan bersihkan head-nya dengan kapas.

TEMPO Interaktif

Advertisements
%d bloggers like this: