Trik Jitu Membeli Mobkas

Harga bensin yang sebentar lagi dinaikkan pemerintah, punya imbas cukup luas. Untuk itu masyarakat dituntut lebih teliti mengelola keuangan. Dan khususnya Anda yang berencana membeli mobil bekas (mobkas), hendaknya memilih dengan teliti agar tidak salah pilih.

Apes bukan kalau sampai dapat mobil yang jeroan mesinnya ancur? Karena ujung-ujungnya pasti boros konsumsi bensin sekaligus boros biaya perbaikan. Berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan panduan ketika memburu mobkas.

1. Kapasitas Kecil Belum Tentu Irit
Banyak mobil-mobil keluaran baru ber cc besar tapi dilengkapi dengan teknologi lebih maju, justru konsumsi bahan bakarnya lebih irit. Seperti injeksi misalnya, sistem pengkabutan ini mampu menyempurnakan pengkabutan bahan bakar ketimbang karburator sehingga pembakaran lebih sempurna dan efeknya konsumsi bahan bakar bisa lebih irit. Serta masih banyak teknologi lain seperti VVTi dan lain sebagainya. Makanya lihat dulu teknologinya.

2. Jangan Percaya Spidometer
Angka kilometer di spidometer bisa saja menipu. Pemilik mobil sebelumnya bisa dengan mudah mengembalikan angka kilometer ke posisi 0 kilometer. Atau malah bisa terjadi mobil telah mencapai angka maksimum kilometer di spidometer, hingga dengan sendirinya kembali ke angka 0 kilometer.

3. Waspadai Komponen Fatik
“Ada pelanggan yang punya mobil simpanan keluaran Inggris, meski jarang dipakai setelah tiga tahun kemampuan mesinnya menurun drastis dan bensin jadi boros ini karena beberapa komponennya sudah fatik atau lelah sehingga tidak bisa bekerja sempurna,” terang Sony Hew dari Amiaw Motorsport.

Mesin yang tidak bekerja dengan sempurna tentunya bisa mengakibatkan bensin boros dan boros biaya perbaikan dikemudian hari. Jadi ada baiknya langsung cek fisik saja dan rasakan langsung performanya.

4. Tes Jalan
Test drive sudah kewajiban sebelum membeli mobil bekas. Keuntungan test drive kita bisa merasakan kondisi kaki-kaki dan pengereman. Jangan sampai harus menghamburkan uang lebih untuk mereparasi area kaki.

Selain itu kondisi pengereman yang tidak optimal juga bisa menyebabkan bensin boros. Rem macet atau roda yang tidak berputar sempurna jelas memberikan gesekan berlebih yang bisa membuat konsumsi bensin makin boros.

5. Coba Dengan Bahan Bakar Beroktan Rendah
Cara ini boleh dicoba untuk mengetahui kondisi performa mesin. “Sebelum tes jalan, coba isi tangki dengan bahan bakar di bawah rekomendasi pabrik. Kalau biasa pakai Pertamax coba isi dengan Premium. Setelah itu coba dibawa jalan,” kata Sony Hew yang kerap menggunakan cara ini.

Lalu rasakan, kalau tenaga bawah masih kuat dan gejala ngelitik tidak terlalu besar berarti pembakaran masih sempurna. Sebab pembakaran yang tidak sempurna bisa membuat mesin menjadi boros.

Penulis: Popo
Otomotifnet.com

Advertisements
%d bloggers like this: