Pemuliaan Kamboja Jepang Dengan Kawin Paksa

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembuahan buatan

1. Pohon harus sehat. Pohon yang kurang sehat/stress apabila dipaksakan untuk pertumbuhan generatif, akan menyebabkan pohon itu sendiri sengsara bahkan bisa mati..

2. Pohon calon indukan minimal berumur 1 tahun. Pohon kamboja jepang asal biji, dalam 4 bulan sudah bisa berbunga. Dan untuk menghasilkan biji, pada saat pertama kali berbunga sudah bisa dikawinkan. Namun hal ini tidak dianjurkan, karena akan merusak pertum buhan pohon itu sendiri, juga kwalitas dan kwantitas biji yang dihasilkan tidak akan maksimal.

3. Pupuk sebelum & sesudah pembuahan. Dua minggu sebelum dilakukan pembuahan, pohon calon indukan harus dipupuk dengan pupuk berkadar ‘Kalium-Pospat’ (unsur P & K) tinggi. Hal ini dimaksudkan agar pohon menghasilkan bunga & buah secara maksimal. Pemupukan rutin dapat dilakukan 2-3 hari sekali dengan dosis 1/4 dari yang dianjurkan. Bila bakal buah sudah terbentuk, pemberian pupuk bisa ditingkatkan hingga 1/3 atau 1/2 dari anjuran pada kemasan.

Berikut ini peralatan yang bisa dipakai

Pengambil Serbuk Sari

Untuk mengambil serbuk sari, bisa mengunakan apa saja yang bentuknya cukup kecil dan tidak melukai bunga pada saat serbuk sari diambil.
Dari kiri ke kanan:

kamboja1

  • Cuting Knife, digunakan untuk membelah kelopak bunga.
  • Besi Stanless diameter 1,5 mm yang diasah ujungnya menyerupai obeng minus, digunakan untuk mengambil serbuk sari/polen.
  • Obeng minus kecil yang sudah dihaluskan, digunakan untuk mengambil serbuk sari.
  • Tusuk gigi, bisa digunakan untuk pengambilan serbuk sari.

Selain alat pada gambar ini bisa juga digunakan kuas kecil bagi yang mahir menggunakan kuas.

kamboja2

Jeroan Bunga Kamboja Jepang

Perhatikan bagian dalam dari bunga. Bila ingin jadi berhasil, harus mengerti terlebih dahulu bagian dari bunga yang terpenting. Jangan ragu untuk mengambil bunga yang berumur 2 -3 hari, lalu belah seperti pada gambar 02. Perhatikan dengan seksama & setelah itu anda bisa praktekan keahlian ini.

Tahap demi tahap melakukan Kawin Paksa

Apabila anda sudah cukup mengerti isi bunga seperti pada gambar 02, segera siapkan peralatan anda dan ikut langkah langkah berikut

Langkah 1.
Pilih bunga yang berumur 2-3 hari. Mengapa harus yang berumur 2-3 hari? Karena pada umur inilah bunga dalam kondisi subur. Baik serbuk sari(jantan) maupun putik(betina) dalam keadaan sehat dan matang. biasanya lebih dari hari keempat, benang sari sudah kering dan mati. Ambil pisau kecil atau gunting kecil yang tajam & steril, sobek 2 kelopak bunga yang paling bawah hingga ke ujung corongnya.

kamboja3

Langkah 2.
Buang 1 benang sari yang paling depan, sehingga terlihat serbuk sari dan putik. Lakukan dengan bantuan pisau kecil atau gunting kecil, jangan dicabut paksa dengan tangan karena serbuk sari akan terjatuh.

kamboja4

Langkah 3.
Ambil serbuk sari dengan peralatan yang telah disediakan. Agar serbuk sari tidak mengelinding jatuh saat diambil, ujung dari alat kita bisa dibasahi dengan air sehingga benang sari akan menempel pada ujung alat. Lihat gambar 5.

kamboja5

Langkah 4.
Oleskan serbuk sari pada bagian penerima. Selama proses berlangsung usahakan agar tidak melukai bagianbagian ini karena akan sangat berpengaruh pada terjadi tidaknya pembuahan.

kamboja6

Langkah 5.
Ini merupakan tahap akhir dan diperlukan hanya bila kita mengawin paksakan dua bunga yang berbeda. Siapkan ‘Name Tag’, beri tanggal, nama bunga penerima serbuk sari(betina) dan nama bunga pemberi serbuk sari. Pemberian nama selalu diawali bunga betina dan diikuti bunga jantan. Pemberian label ini diperlukan untuk registrasi, atau agar kita tahu, bunga A dikawin dengan bunga B akan menghasilkan bunga XY, dsb.Bahan label sebaiknya dari bahan yang tahan air dan ditulisi dengan pen anti luntur. Lihat gambar 07

Pemberian label dengan pen anti luntur, diperlukan untuk registrasi bunga.

kamboja7

Buat sebuah lubang kecil pada ujung corong bunga seperti pada gambar 08 Lalu teruskan dengan langkah 2 hingga selesai.

kamboja8

Koleksi peralatan yang layak dimiliki oleh penghobbies Adenium.

kamboja9

Peralatan diatas layak dimiliki oleh para Adeniumania, karena sangat membantu dalam aktivitas sebagai hobbies. Keterangan gambar, dari sudut kiri atas searah jarum jam.

  1. Hobbies Cutting Knife, bisa diperoleh dengan merogoh kocek sebesar Rp. 30.000,-
  2. HeadLamp, sangat membantu bagi yang suka melakukan aktivitas hobbies dimalam hari. Harga mulai dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 300.000,- tergantung merk dan kwalitas.
  3. Multi toolkit merk LeaderMan(produk Amerika, saingan dari Victorynox, Swiss). Harga multi toolkit ini dari Rp. 30.000,- hingga Rp. 1.200.000,- tergantung dari merk, fungsi dan kwalitasnya.
  4. Pisau bedah. Bagus untuk okulasi karena ketajaman matanya. Harga sangat variatif, tergantung merk. Pisau lain yang dianjurkan adalah ‘Grafting Knife’ dari Victorynox yang bisa diperoleh di outlet Gramedia se harga Rp. 30.000,-
  5. Wrapping Plastik yang dipotong selebar 1,2cm, bagus untuk melakukan okulasi.
    6. Spidol anti luntur, bagus untuk pelabelan.

Salam Adeniumania….
Katakan pada DUNIA kita bisa…!!!!

By Fendi Salim 081 2828 9996 We’re Adeniumania Jakarta Indonesia
kebonkembang.com

%d bloggers like this: