Kiat Memilih Mobil Antik

MUNGKIN Anda pernah mendengar, mengingat, atau malah menyukai sebuah tembang milik grup band Koes Plus di tahun 1970-an, yang mengisahkan balada tentang mobil tua.

Syair lagu itu yang ditembangkan oleh Murry, sang penabuh drum, seperti ini, ”Hatiku gembira punya mobil tua/peninggalan jaman dulu kala/mobil tua/mobil tua/modelnya lucu dan mengagumkan/mari-mari/jangan ketinggalan/ramai-ramai keliling kota/…”

Dari gambaran lagu tersebut cukup jelas, bahwa salah satu hal yang menyebabkan seseorang menyukai mobil antik adalah modelnya yang klasik. Berkutat dengan masalah mobil tua alias antik, ada tiga hal utama yang sepatutnya dipertimbangkan sebelum Anda benar-benar ingin menyelami dunia itu.

Memilih mobil antik berarti membeli kendaraan yang sudah berusia tua, lama, dan mungkin sudah berganti pemilik tidak terhitung jumlahnya.

Sebelum menjatuhkan pilihan, pertimbangkan dahulu masalah ‘klasik’ tetapi relevansinya tinggi. Siapkah Anda dengan waktu, tenaga, dan biaya untuk sang mobil antik ? Setelah soal waktu, tenaga, dan biaya dapat Anda selesaikan, kini selanjutnya adalah masalah model dan tahun pembuatan. Masalahnya, ada sekian banyak merek, model, dan tahun perakitan mobil antik.

Secara umum, ditinjau dari angka tahun pembuatan, maka mobil antik dibagi atas tiga kategori. Ketiganya adalah; masa pembuatan sebelum Perang Dunia II, masa Perang Dunia II, dan masa sesudah Perang Dunia II. Pembagian kategori ini semata hanya untuk memudahkan saja.

Kalau mobil antik pra Perang Dunia II, maka tahunnya bisa dimulai dari abad 19 (kalau masih ada) sampai 1939. Lalu masa Perang Dunia II antara 1939 sampai 1945. Dan pasca Perang Dunia II adalah 1945 sampai sekarang.

Kemudian model mobil. Ada banyak sekali model mobil antik yang bisa Anda pilih. Mulai dari sedan, pick up, jip, minibus, coupe, convertible, sampai dengan jenis sport. Manakah dari sejumlah model tersebut yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kesenangan Anda.

Kalau masalah model dan tahun pembuatan sudah beres, maka tinggal memilih merek mobilnya. Apakah Anda penggemar mobil buatan Eropa, Amerika, atau Jepang. Setiap mobil hasil kerajinan ketiga ‘kutub’ tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi bukan berarti hal itu jelek, namun sebaiknya dipandang sebagai ciri khas.

Bahwa Eropa menonjolkan sisi teknologi, Amerika dengan kekuatan, sedangkan Jepang berkonsentrasi dengan sudut pandang kemudahan dan praktis.

Saat memilih dan memilah bahan mobil antik yang dijehendaki, sebaiknya membawa teman yang ahli pada suatu jenis mobil. Atau jika Anda ingin berburu sendiri, sebaiknya mengumpulkan dahulu bahan informasi selengkap mungkin.

Membangun mobil antik Tuntas dengan masalah waktu, tenaga, biaya, dan sekarang telah pula membereskan model, merek, dan tahun pembuatan mobil. Kini tiba saatnya memulai proses renovasi mobil antik.

Satu hal penting dalam merenovasi mobil antik, yang sebaiknya Anda perhatikan dengan sungguh-sungguh, adalah nilai utama seperti apa saja yang Anda anut.

Maksudnya, kalau Anda adalah seorang yang mengutamakan masalah keaslian atau orisinalitas, maka Anda tergolong penganut aliran vintage. Itu berarti Anda menginginkan semua detail mobil itu kembali seperti aslinya saat kendaraan itu meluncur keluar dari pabrik perakitannya.

Sebaliknya ada juga golongan konsumen yang tidak terlalu ambil pusing dengan soal orisinalitas. Buat golongan seperti ini, mereka sering sekali ‘membolehkan’ barang buatan tahun terakhir ikut berperan serta dalam pembangunan mobil. Jika menyukai gaya metode renovasi seperti ini, maka Anda termasuk golongan custom.

Masalah utama yang harus dihadapi saat membangun mobil antik, semakin lama usianya, maka materi yang dicari semakin sulit. Contoh, sekarang saja mencari detail yang terperinci dan lengkap untuk mobil Volkswagen Kaffer lansiran 1952-an sudah cukup sulit.

Karena itu sebelum memulai kegiatan renovasi sebaiknya lengkapi dahulu informasi tentang mobil Anda. Caranya, bisa dengan berkorespondensi pada klub atau penerbitan khusus mobil antik di luar negeri atau bergabung dengan klub sejenis di dalam negeri.

Dengan bergabung bersama klub mobil antik, Anda bisa mendapatkan gambaran atau potret, minimal seperti apa bentuk aslinya di waktu masih baru. Juga sejumlah alamat yang harus dihubungi jika ada beberapa detail mobil yang dibutuhkan dan perlu dilengkapi.

Karena dari namanya saja sudah ketahuan berapa umur mobil ini, maka dibutuhkan perawatan yang cukup spesifik. Pasalnya, merawat mobil antik membutuhkan ketelitian dan ketelatenan tingkat tinggi.

Yang perlu diperhatikan terutama adalah komponen tertentu yang mungkin sudah tidak dibuat lagi. Jadi sedikit perlu memutar akal. Berbeda dengan mobil biasa, maka kendaraan antik membutuhkan bahan pendukung yang serba tersendiri. (OL-02)

mediaindonesia.com

%d bloggers like this: