Menentukan Arah Kiblat Musholla

Kalau mau jadi ‘tukang ukur gadungan’, bisa saja anda manfaatkan internet. Yah, minimal sekedar untuk panduan awal saja. Tentu tetap harus diukur oleh orang yang profesional.

Caranya begini: anda gunakan google earth. Kalau belum ada, silahkan download saja dulu di earth.google.com. Tenang saja, google earth itu gratis.

Pertama yang harus anda lakukan adalah mencari masjid anda dari atas ‘langit’, tentu cari dulu kota di mana anda tinggal. Dalam hal ini anda dituntut harus ‘melek’ peta kota anda.

Setelah ketemu, yang perlu anda lakukan adalah menancapkan penanda di masjid itu. Nama tombolnya Add PlaceMark. Jangan lupa beri nama masjid itu, misalnya ‘masjidku’. Maka nanti akan tercatat di sebelah kiri halaman.

Langkah selanjutnya, anda cari kota Makkah. Kali ini lebih mudah, karena di menu sebelah kiri bagian atas sudah ada form untuk melakukan pencarian. Tuliskan kata ‘Makkah’ dan klik. Maka software itu akan memutar bola bumi langsung ke arah kota Makkah di Saudi Arabia. Carilah masjid Al-Haram dari ‘langit’. Mudah saja kok, karena gedungnya cukup besar dan menarik perhatian.

Sekali lagi tandai masjid itu dengan Add ReplaceMark dan namai masjid Al-Haram. Nama itu seharusnya muncul di menu sebelah kiri di bawah menu ‘masjidku’ yang sudah anda buat tadi.

Sekarang carilah menu ‘ruler’ di bagian atas halaman, anda bisa pilih skala besarannya dengan kilometer. Klik menu itu lalu geser mouse tepat di atas masjid Al-Haram, klik dua kali di situ sehingga meninggalkan sebuah titik berwarna hijau. Geser mouse ke menu sebelah kiri dan klik dua kali ke menu masjidku. Maka software itu akan kembali membalik bumi ke arah masjid anda dengan membawa juga garis lurus berwarna kuning.

Terakhir, klik dua kali tepat di atas masjidku dan saat itu juga anda bisa lihat apakah masjid itu menghadap lurus ke Ka’bah atau tidak. Bahkan anda juga bisa tahu berapa jarak tepatnya antara masjid itu dengan masjid Al-Haram. Bahkan dalam ukuran meter dan centimeter.

Ini adalah contoh hasil pengukuran arah dan jarak dari masjid di depan rumah kami ke masjid Al-Haram di Makkah. Garis kuning itu menunjukkan arah masjid sudah benar dan ternyata jaraknya 7.912, 49 km sampai tepat di atas kubahnya.

Tertarik? Mengapa tidak dicoba sekarang?

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc / eramuslim.com

Advertisements
%d bloggers like this: