Menguji mobil baru

Test drive memberi kesempatan calon konsumen mengetahui kualitas dan kemampuan mobil yang hendak dibelinya. Banyak hal yang bisa diketahui dari test drive mobil baru. Tidak hanya sekedar ‘feeling good’ dalam 10 menit berjalan-jalan di sekitar dealer. Mengetahui apa yang harus diperhatikan sangat membantu untuk mendapatkan mobil yang tepat. Tip ini akan membantu anda mengevaluasi dan menghindari kesalahan yang umum terjadi. Bila belum memutuskan mobil apa yang hendak dibeli, klik tip “Cara aman membeli mobil baru”.

Di showroom dealer

Lumrah terjadi, begitu duduk dibelakang kemudi langsung start dan melaju. Cobalah menahan dorongan itu, karena beberapa evaluasi penting dapat dilakukan sebelum kemana-mana.

Luangkan waktu untuk memperhatikan mobil dari luar dan dalam. Ambil jarak dari berbagai sudut. Perhatikan betul desain, lengkung body, kualitas perakitan, warna cat dan pengaturan panel body. Ingat ini mobil baru, jadi semua harus sempurna. Tidak ada toleransi untuk cacat sekecil apapun.

Cobalah keluar dan masuk kabin. Buat senyaman mungkin. Atur kursi dan beragam tombol kontrol. Bila mobil akan dipakai bersama, ajaklah pasangan anda melakukan hal yang sama. Bayangkan bila harus memuat barang belanja, menaikkan anak kecil atau orang tua. Bila mungkin dudukkan anak di kursi belakang, bila dia tidak suka, anda akan tahu.

Bila sudah duduk nyaman cobalah mengutak-atik tombol kontrol seperti radio, AC, kotak glove, indicator, wiper, lampu depan, dan lampu bahaya. Pastikan tombol itu mudah diraih dan dioperasikan. Sambil terus mengutak atik, pikirkan kembali betulkah mobil ini yang didambakan selama ini? Nyamankah bila dikendarai setiap hari?

Jangan sampai ketinggalan membuka bagasi. Pikirkan apa saja yang akan dimasukkan ke bagasi ini. Pastikan volume bagasi dapat menampung semua itu.

Penjual senang berbagi apa saja yang mereka tahu tentang mobil yang akan anda uji coba di jalan. Biarkan dia menggambarkan spesial fitur sebelum mencobanya ketika mengemudi

Di jalan

Cobalah mobil yang identik dengan mobil yang hendak di beli. Lebih baik lagi bila mobil yang hendak dibeli itulah yang kita uji coba. Perbedaan mesin transmisi, trim, perlengkapan interior memberi pengaruh yang besar terhadap personality dan driveability mobil.

Anda butuh menenangkan diri untuk mengevaluasi mobil tanpa terganggu. Bila ada pertanyaan jangan ragu-ragu untuk bertanya. Bila anda mengenal wilayah itu, bawalah mobil ke rute sesuai pilihan anda. Beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kualitas pengendaraan

Kendarai mobil pada berbagai jenis permukaan jalan. Cobalah di jalan berliku, jalanan kota, bukit, jalan berlubang dsb untuk melihat reaksi mobil. Jangan lupa test di jalan yang anda perkirakan akan dilalui setiap hari.

Tenaga:

Tes tenaga mesin di situasi sesungguhnya. Di jalan tol, ketika mendahului, tarikan, cukupkah tenaganya? Apakah tenaga terpengaruh oleh AC. AC punya pengaruh yang signifikan di mobil kecil. Pastikan untuk mengulang seluruh tes dengan AC hidup.

Tranmisi:

Bila manual, perhatikan kehalusan perpindahan gigi dan kerja kopling. Apakah keduanya bekerja presisi dan mudah dipakai. Bila mobil dilengkapi dengan 4wd, aktif dan nonaktifkan untuk mengetahui seberapa mudah penggunaan alat itu.

Kalau automatic, Muluskan upshift dan downshift? Apakah downshift tepat waktu. Tidak boleh ada sentakan atau maju tiba-tiba ketika menggeser kopling.

Pengendalian

Cobalah belokan panjang dan belokan tajam. Menikung tiba-tiba dan belokan yang mulus. Seberapa baik kendaraan bereaksi terhadap perubahan arah. Apakah terasa stabil dan terkontrol. Apakah anda merasa dapat mencegah kecelakaan bila terjadi. Apakah kemudi terasa pas tanpa gerakan yang berlebihan.

Pengereman:

Cobalah sungguh sungguh mengerem. Pastikan rem dapat menghentikan mobil dalam posisi lurus dan terkontrol. Cobalah mengerem dengan lembut dan kasar untuk mengetes reaksi mobil terhadap pengereman mendadak. Sebelumnya peringatkan penumpang yang lain, dan perhatikan mobil lain di sekitar anda.

Bila mobil tidak dilengkapi dengan ABS, carilah lapangan parkir terbuka. Cobalah gerakan mengelak ketika mencoba rem ABS.

Suara:

Dengarkan suara dari mesin, interior, ban, dan deru angin dengan cara menaik-turunkan jendela. Kalau mobil dilengkapi dengan sunroof, buka dan dengarkan suara yang masuk. Lakukan hal itu pada kecepatan normal dan kecepatan puncak.

Parkir:

Parkir paralel untuk mengecek blindspots atau kesulitan menentukan sudut mobil. Bila mobil di parkir, ambil beberapa saat untuk keluar dan melihatnya.

Sekarang anda sudah tahu dan siap mengetes mobil. Jadilah pembeli yang jujur, seksama, teliti dan tangguh. Ketahuilah apa yang akan dicari dan anda akan menemukan mobil yang paling cocok. Selamat mencoba.

Mobilku.com

%d bloggers like this: