Hukum Membatasi Masa Belajar

Oleh: Asy Syaikh Yahya bin Ali Al Hajuri

Soal :
Apa hukum membatasi masa belajar dengan batasan waktu 3 tahun atau 4 tahun dan seterusnya? Apakah salaf melakukan yang demikian itu? Bagaimana mereka melakukannya?

Jawab :
“Dari tempat tinta sampai ke liang lahat.” Demikian ucapan Imam Ahmad rahimahullah. Dan bait-bait berikut ini sangat berkesan pada diriku;

Hari ini sedikit esok pun demikian
Dari pilihan ilmu yang dikais
Seseorang menghasilkan dengannya kebijakan
Bukankah air bah itu berasal dari kumpulan gerimis

Wahai saudaraku, tiga tahun dalam menuntut ilmu adalah waktu yang amat pendek. Lebih-lebih kalian membutuhkan beberapa tahun untuk bisa mengenal bahasa arab, yaitu ilmu kitabullah. Kami nasihatkan agar kalian mencurahkan perhatian sepenuhnya untuk ilmu. Giatkan murid-murid kalian di atas ilmu, dan barangsiapa di antara mereka yang benar-benar giat di atas ilmu walaupun memakan waktu yang lama (bertahun-tahun) bantulah mereka.

Lihatlah Muhammad bin Ja’far memulazamahi (menyertai) Syu’bah bertahun-tahun (sekitar 20 tahun, dan beliau adalah anak tiri Syu’bah. Lihat At Tahdzibut Tahdzib). Sufyan bin ‘Uyainah memulazamahi ‘Amr bin Dinar bertahun-tahun (beliau berkata, “Aku mendengarkan ilmu dari ‘Amr bin Dinar seperti tinggalnya Nuh alaihis salam di kaumnya.” Lihat At Tahdzibut Tahdzib). Dan yang semisalnya masih banyak sekali.

(Al As’ilah Al Indonisiah, 26 Al Jumadits Tsaniyyah 1424 H)
thullabul-ilmiy.or.id

%d bloggers like this: