Beda Filter Oli Orisinal VS Palsu

Salah pasang filter oli (FO) dengan produk palsu terbukti bisa bikin mesin mobil anda cepat rusak. Lho kok bisa begitu? Ya jelas bisa dong, kan fungsi FO sendiri untuk menyaring kotoran yang akan bersirkulasi ke dalam mesin.

Nah, kalau filternya jelek dipastikan fungsinya juga enggak maksimal. Kotoran atau kerak-kerak mesin yang larut didalam oli, akan ikut bersirkulasi kedalam mesin maupun piston. Kalau sampai begitu, tahu sendiri dong akibatnya, minimal besutan sering rewel dipakai jalan.

Buat pembesut mobil Honda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau mau ganti FO biar enggak ketipu sama produk palsu. Mari simak rame-rame tips membedakan FO asli dan yang palsu.

bd1

Yang asli lebih berat

Bentuk, warna dan berat filter

Produk asli bentuk lebih presisi, warna lebih gelap dan beratnya 242 gr. Sedangkan produk palsu beratnya hanya 204 gr. “Lebih ringan, karena materialnya lebih tipis,” ulas Suryo, Service Advisor, PT Permata Hijau Automegah di Jl. Raya Kebayoran Lama No. 40, Jaksel.

Seal Antidrain

Saat FO dibongkar/dibelah, produk asli berbahan silicone rubber berwarna abu-abu dan lebih tebal. Sedangkan yang palsu lebih tipis berwarna hitam. “Saat mesin dimatikan, seal antidrain yang tipis bisa menimbulkan kebocoran pada FO, akibatnya saat mesin dihidupkan kembali, pompa oli akan mengisi saringan oli dulu sebelum melumasi komponen mesin. Hal ini menyebabkan komponen mesin cepat rusak,” urai Suryo.

bd2
Nomor kode lebih halus

Nomor kode produksi

Kode produksi ada pada bagian atas FO. Pada produk asli, karakter nomor kode produksi lebih halus, tidak terlalu jelas dan terdapat titik warna orange disekitar kode produksi. Sedangkan yang palsu karakter nomor kode produksi lebih jelas, berwarna kuning terang dan tidak terdapat titik warna orange di sekitar kode produksi.

bd3

palsu lebih renggang

Elemen

Elemen FO asli memiliki kapasitas penyaringan tinggi, dengan jarak kerapatan saringan yang lebih tinggi. Kertas penyaring disambung kuat menggunakan plat baja Galvanis untuk mencegah kebocoran sambungan.

Untuk FO palsu kapasitas penyaringan rendah, dengan jarak kerapatan yang rendah. Kertas penyaring disambung hanya dengan melipat kertas tersebut. “Penyaringan yang rendah menyebabkan kotoran kecil lolos melewati saringan,” tutup Suryo.

Gimana, sudah tahu bedanya kan? Jangan salah pilih lagi ya!

Penulis/Foto: Banar
otomotifnet.com

Advertisements
%d bloggers like this: