Tiga Langkah Langsing Sehat

Menurut ahli gizi, dr Samuel Oentoro, Ms, SpGK, program diet yang sehat melibatkan 3 aspek penting antara lain terapi diet, terapi fisik, terapi perilaku.

Terapi Diet

Terapi diet, berkaitan dengan pengurangan jumlah asupan kalori sesuai dengan aktivitasnya dengan mengacu pada 3J, yaitu jenis makanan, jumlah makanan dan jadwal makanan. Karbohidrat, protein, dan makanan dengan tinggi serat sangat disarankan.

Asupan kalori yang masuk harus diatur sedemikian rupa, sehingga tubuh tetap dapat menjalankan aktivitasnya tanpa kehilangan energi yang dibutuhkan. Takaran yang disarankan adalah pada pagi hari saat anda sarapan, seraplah kalori sebesar 100kkal, pada pukul 10, Anda dapat makan snack dengan jumlah kalori 100kkal, pukul 12, anda tetap harus makan siang dengan asupan kalori 600kkal, menjelang sore, anda dapat makan snack kembali dengan jumlah 100kkal dan pukul 19, saat anda makan malam, kalori yang diserap 200kkal.

Perbanyak makan sayur dan buah-buahan serta air putih untuk tetap menjaga kesehatan kulit.

Terapi Fisik

Terapi aktivitas fisik berkaitan dengan upaya meningkatkan aktivitas olahraga. Aktivitas ini akan membantu membakar lemak dan meningkatkan massa otot. Kerja otot membutuhkan banyak kalori sehingga kelebihan kalori yang biasanya ditimbulkan lemak tubuh akan terbakar dan menghasilkan tubuh yang sehat dan bugar. Latihan yang disarankan adalah joging, jalan kaki atau bersepeda.

Semua aktivitas ini mesti anda lakukan dengan perasaan senang, tanpa beban dan anda menyukai kegiatan tersebut. Yang terpenting adalah anda melakukan gerak.

Terapi Perilaku

Terapi perilaku, yakni mengubah aktivitas sehari-hari kearah kebiasaan yang lebih sehat. Ini termasuk cara berpikir yang lebih mengutamakan pada apa yang dibutuhkan tubuh, bukan apa yang diinginkan tubuh atau indra perasa/lidah. Terapi ini, pola pikir tentang makananlah yang mesti anda rubah. Anda mesti bijaksana terhadap tubuh dan makanan yang diperlukan tubuh, dan ini memerlukan disiplin tinggi terutama untuk “menolak” makanan-makanan yang beresiko terhadap kesehatan dan berat badan anda. Hindari makanan junkfood, daging, makanan dengan kadar gula tinggi, lemak dan kalori.

Dengan cara inilah, hasil penurunan berat badan akan berjalan stabil, bahkan untuk jangka panjang. Ia menambahkan bahwa masalah berat badan bukan melulu karena faktor genetika, tetapi lebih karena kebiasaan yang salah dalam memberlakukan makanan. Jika orang tua gemuk atau salah satunya gemuk, bukan berarti anak juga akan gemuk.

Berat badan ideal terutama yang sehat merupakan hak setiap orang. Oleh karena itu, jangan mudah tergiur dengan klinik-klinik atau iklan yang heboh menawarkan program diet yang dapat dengan segera memberikan hasil. Karena, penurunan berat badan yang sehat adalah apabila berat badan turun secara perlahan dan tetap atau setidaknya dalam seminggu berkisar antara _ sampai 1 kilogram. Gizi seimbang harus tetap diperhatikan, karena tubuh tetap membutuhkan nutrisi seimbang untuk dapat berfungsi dengan baik. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, merupakan zat yang diperlukan tubuh setiap hari. Karena itu, yang mesti diperhatikan hanyalah jumlah kalori yang masuk, artinya kalori ini harus lebih rendah dibandingkan jumlah yang dibakar melalui aktivitas fisik.

Bagaimana denga sedot lemak? Sedot lemak atau liposuction merupakan cara mengambil lemak yang berlebihan di dalam tubuh, dengan membuat lubang kecil pada kulit dan mengeluarkan lemak tersebut dengan tenaga vakum. Pasien akan terlebih dulu di bius lokal. Sebenarnya tujuan dari tindakan ini adalah body countouring, yakni membuang lemak pada bagian tubuh yang tidak diinginkan sehingga bentuk tubuh secarakosmetis menjadi lebih baik. Sedot lemak umumnya digunakan untuk pengobatan kegemukan, untuk mengurangi penyakit-penyakit sistemis akibat kegemukan. Mereka yang mengalami gangguan perdarahan, anemia, gangguan jantung, paru-paru dan yang mengonsumsi aspirin tidak diperkenankan melakukan sedot lemak.

Komplikasi akibat sedot lemak antara lain, pendarahan, infeksi dan bisa jugaterjadi kulit menjadi tidak rata, seperti penggumpalan yang terjadi pada lengan, sehingga dokter harus melakukan pembuangan kulit. Efeknya tentu mengganggu keindahan.

Banyak cara untuk menjadi langsing, sehat dan cantik, namun pastikan anda melakukannya dengan cara yang benar. Penting untuk diingat bahwa hasil terbaik selalu memerlukan proses waktu. Namun, perubahan dalam cara berpikir tentang makanan dan tubuh anda merupakan hal mendasar yang paling penting dilakukan.

=Harian Suara Pembaruan=

Advertisements
%d bloggers like this: