Computer Vision Syndrome

Pengguna komputer sangat rentan mengalami gangguan mata. Penyebabnya diduga pancaran radiasi layar komputer yang diterima mata dalam waktu yang cukup lama. Keluhan berupa mata pedih, berair, dan mata lebih cepat lelah. Bahkan kadang disertai pusing, mual, dan muntah.

Berbagai keluhan akibat penggunaan komputer ini disebut sebagai Computer Vision Syndrom, (CVS). Disinyalir, tingkat penggunaan komputer yang semakin tinggi akan mengakibatkan kasus gangguan kelelahan mata menjadi semakin banyak.

Beberapa faktor ditengarai menyebabkan timbulnya CVS. Antara lain karakteristik monitor komputer, lamanya penggunaan komputer, serta kelainan refraksi (pembiasan) pada pengguna. Monitor berresolusi rendah termasuk penyebabkan munculnya CVS. Kondisi CVS akan diperparah dengan pemakaian kaca mata. Pengguna komputer dengan kelainan refraksi baik minus, plus, atau silindris, akan makin memperburuk CVS.

CVS dapat muncul segera setelah pemakaian komputer dalam waktu lama atau lebih dari empat jam. Namun, ada pula yang baru muncul setelah beberapa hari kemudian.

Gejala jangka pendek CVS antara lain sakit kepala, sakit di sekitar ujung mata, mata lelah, berair, mual, atau pusing. Sederetan keluhan lain adalah mata bengkak, pandangan buram atau ganda, penurunan daya penglihatan, kelelahan saat membaca atau menggunakan komputer, membaca lebih lambat, memori buruk terutama untuk mengingat apa yang sudah dibaca serta kesulitan berkonsentrasi.

Selain gejala jangka pendek, juga ada gejala jangka panjang CVS yaitu sensitivits otak meningkat, insomnia, atau mengalami gengguan tidur, timbul rasa cemas, depresi serta sistem kekebalan tubuh menurun.

keluargasehat.com

Advertisements
%d bloggers like this: