Membuat Biji Enchepalartos Cepat Bertunas

Enchepalartos juga masih satu rumpun dengan Cycads dan Zamia dengan bentuk yang juga hampir mirip. Ciri khas tanaman gurun ini hampir mirip dengan Cycads yaitu berkembang biak dengan biji dikotil. Sayangnya tidak semua biji bisa ditunaskan begitu saja dengan mudah. Bahkan biji Enchepalardos yang hanya ditanam di dalam tanah, dijamin tidak akan pecah meski selama bertahun-tahun.

enchepalartos

Yunaim salah satu hobis Jogja memiliki kiat khusus agar biji Enchepalardos bisa cepat pecahdan bertunas. Hal ini terlihat dari biji Enchepalartos yang ia pajang masih terlihat biji dan batang baru di dalam pot kecil. Biji Enchepalartos ternyata memiliki sistem pertumbuhan unik. Tanaman gurun tidak seperti tanaman yang lain dimana bila masuk tanah dan terkena air bisa langsung tumbuh tunas. Tanaman ini harus mengalami pemanasan yang sangat tinggi setelah jatuh dari pohonnya. Di gurun suhu tinggi memang tidak menjadi masalah. Setelah itu turun musim hujan, baru ia pecah dan bertunas. jelas Yunaim.

Untuk mengakalinya, kita bisa mengkondisikan biji tersebut dengan suhu serupa. Caranya? Biji pertama kali direbus di dalam air sampai suhu 100 derajat Celsius selama setengah jam. Baru kemudian diambil dan direndam di dalam zat perangsang pertumbuhan selama 15 menit. Lalu dikeringkan. Kemudian letakkan di dalam pot berisi tanah. Dalam waktu beberapa hari, tunas baru dari biji ini akan tumbuh. Di pasaran, satu pot Enchepalartos yang baru bertunas ini dihargai Rp 600 ribu.

aan, Agrobis / kebonkembang.com

%d bloggers like this: