Mengapa Batuk ?

Batuk adalah gejala dan bukan penyakit. Umumnya, batuk berhubungan dengan adanya sakit pada saluran pernapasan, paru-paru, jantung, lambung, dan gangguan emosi.

Oleh karena itu, untuk mengobati batuk secara tuntas harus diketahui penyebabnya. Setiap orang dipastikan pernah mengalami batuk. Bahkan, pada bayi pun sudah ada yang mengalami batuk. Batuk memang termasuk paling sering dikeluhkan, namun juga yang paling kerap dianggap sepele. Batuk biasanya sebagai penanda munculnya flu biasa. Namun, jika batuk sudah berlebihan dan mulai mengganggu maka batuk bukan lagi sebagai batuk biasa.

Secara alamiah, batuk sebenarnya merupakan mekanisme pertahanan tubuh melindungi paru-paru dan saluran pernapasan oleh karena adanya benda asing yang mengganggu aliran udara. Saat batuk, tubuh mengadakan pembersihan saluran udara yang berhubungan dengan pernapasan.

Adanya radang atau iritasi pada lapisan lendir saluran pernafasan, alergi terhadap debu, asap rokok, asap kendaraan bermotor, atau uap bahan kimia menyebabkan seseorang mengalami batuk.

Tenggorokan merupakan jalan udara saat bernapas. Dalam tenggorokan terdapat banyak rambut getar yang selalu bergerak dan berfungsi menyapu benda asing yang masuk. Jika sedang mengadakan pembersihan maka secara refleks akan terjadi batuk untuk melindungi saluran pernafasan untuk melancarkan sirkulasi udara.

Batuk memang penyakit yang dengan mudah menghinggapi seseorang. Sebagai faktor penyebab dari luar karena pergantian musim, alergi, udara yang kotor, tertular seseorang yang sedang menderita batuk.

Batuk ditengarai paling sering diidap banyak orang saat peralihan musim. Sebab, saat peralihan musim terjadi perubahan temperatur udara mendadak dari musim panas ke musim hujan dan sebaliknya yang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. (berbagai sumber)

keluargasehat.com

Advertisements
%d bloggers like this: