Arti Bonggol Pada Aglaonema

Kita sering terkecoh, saat membeli aglaonema mahal, ternyata –setelah kita bongkar– tidak punya bonggol, kecuali hanya beberapa helai akar. Padahal ada satu bagian lain yang tak kalah pentingnya, khususnya untuk tanaman aglaonema, yakni bonggol.Bonggol terletak di bawah daun paling bawah, atau di atas tumbuhnya akar.

Orang Selalu Menyebut Bagian Dari Tanaman Aglaonema Hanya Terdiri Dari: Akar, Batang, Daun, Dan Paling Banter Bunga, Buah Atau Biji. Padahal Ada Satu Bagian Lain Yang Tak Kalah Pentingnya, Khususnya Untuk Tanaman Aglaonema, Yakni Bonggol.

  • Bonggol Terletak Di Bawah Daun Paling Bawah, Atau Di Atas Tumbuhnya Akar.
  • Bonggol Disebut Panjang Jika Panjangnya Sedikitnya 5 Cm. Sebaliknya Disebut Pendek, Jika Panjangnya Hanya 1-2 Cm.

Apa Yang Menyebabkan Bonggol Menjadi Hal Yang Penting?

Bonggol Terdiri Dari Ruas-Ruas. Ruas-Ruas Itulah Yang Kelak Memunculkan Anakan-Anakan Baru Aglaonema. Jika Bonggol Pendek Atau Tidak Ada Sama Sekali, Otomatis Peluang Memperoleh Anak Dari Aglaonema Menjadi Sulit. Bahkan Kemungkinan Besar Anda Akan Memperoleh Tanaman Aglaonema Yang Kurang Sehat, Sebaliknya Jika Bonggol Panjang, Yang Ditandai Dengan Banyaknya Ruas, Kita Bisa Berharap, Aglaonema Tersebut Akan Produktif Menghasilkan Anakan-Anakan Baru.

Atau Kalau Ada Waktu, Potong Bonggol Itu Sekitar 2 Cm, Dan Tanam, Untuk Menghasilkan Tanaman Baru.

Harga Aglaonema Tidak Murah. Karena Itu, Disarankan, — Seperti Sudah Disinggung Pula Di Bagian Lain Buku Ini– Sebaiknya Anda Tidak Perlu Segan-Segan Apalagi Malu Meminta Penjualnya, Untuk Mengeluarkan Tanaman Yang Anda Beli Dari Dalam Pot, Untuk Melihat Kondisi Bonggolnya.

Dikutip Dari Buku Panduan Praktis Perawatan Aglaonema, karangan Kurniawan Junaedhie, penerbit PT Agromedia Pustaka
toekangkeboen.com

%d bloggers like this: