Berbagai Vaksinasi untuk Anak, Remaja dan Orang Tua

Perkembangan vaksin dan beragam pendapat mengenai dampak pemberian vaksin serta kasus-kasus penyakit yang pencegahannya berhubungan dengan pemberian vaksin saat ini kembali marak dibicarakan, …

dikembangkan dan diteliti oleh para ahli, dalam temu expert KPPIK FKUI di Jakarta beberapa waktu lalu, Prof, DR Sjamsuridjal Djauzi, Prof, DR Iskandar Zulkarnaen dan Prof DR. Sri Rezeki Hadinegoro membahas masalah vaksin dengan topik “Vaccination in Child, adult and elderly.”

Berbagai macam penyakit yang disebabkan karena jarum suntik meningkat dan banyak ditemukan baik di lingkungan rumah sakit atau klinik maupun di lingkungan masyarakat. Di RSCM sampai saat ini terdapat 150 kasus kecelakaan tertusuk jarum yang terutama terjadi pada mahasiswa kedokteran dan perawat junior, serta kasus narkoba di Indonesia (dengan suntikan) saat ini berjumlah 572.000 orang yang selanjutnya menimbulkan penyakit hepatitis B, C dan HIV, sehingga sangat diharapkan bagi mereka yang memiliki risiko tinggi terutama tenaga medis untuk melakukan tindakan pencegahan dengan vaksinasi.

Ketentuan-ketentuan yang berhubungan dengan vaksin yang berlaku saat ini adalah:

  1. Vaksin hepatitis A yang ada adalah jenis polisakarida dimana tidak boleh diberikan pada anak kurang dari 2 tahun sehingga tidak dapat dipakai sebagai imunisasi dasar.
  2. Standar untuk hepatitis B di FKUI, tidak diperlukan booster kecuali bila ada faktor risiko diperiksa anti-HBs.
  3. Vaksin MMR tidak dianjurkan pada penderita HIV kerana menggunakan virus hidup.
  4. Vaksin MMR tidak berbahaya (tidak menyebabkan autis).
  5. MMR tidak dianjurkan untuk diberikan diatas usia 12 tahun, namun bila dibutuhkan yang diberikan hanya vaksin rubella saja.
  6. Vaksin Campak sebaiknya diulang pada waktu anak hendak masuk SD karena pada saat itu, efektifitasnya hanya tinggal
  7. Vaksin OPV kontraindikasi untuk penderita HIV, namun pada kasus ini diberikan IPV (Inaktif Polio Vaccine) yang kini sudah tersedia dikota-kota besar.
  8. Untuk vaksin BCG, meskipun efektifitasnya dalam mencegah TBC tidak maksimal, namun sampai saat ini masih masuk vaksinasi yang diwajibkan oleh WHO.
  9. Healthy people 2010 di Amerika: Vaksin yang diwajibkan untuk usia lanjut adalah vaksin influenza dan pneumokokus. Di Australia, pemberian vaksin influenza menurunkan penyulit influenza (pneumonia) dan kejadian masuk RS sebesar >60%. 10. Indonesia sehat 2010: Vaksin yang diwajibkan untuk usia lanjut adalah vaksin influenza.

keluargasehat.com

Advertisements
%d bloggers like this: