Meningitis

Atasi bahaya fatal meningitis dengan menetapkan tanda-tanda dini dari penyakitnya.

Orang tua seharusnya mengamati gejala-gejala dini dari meningitis untuk mempercepat penegakan diagnosis, terapi dan pencegahan. Oleh karena infeksi fatal dari penyakit ini menyebar dengan cepat kepada anak-anak khususnya di negara berkembang, peneliti menyampaikan beritanya dalam Lancet today.

Nyeri tungkai, tangan dan kaki dingin, dan warna kulit yang berubah abnormal merupakan tanda-tanda awal dari infeksi yang dialami oleh sekitar 72% dari 448 anak penderita meningitis yang diuji oleh Matthew Thompson dari Universitas Oxford. Hal ini sangat membantu menetapkan adanya infeksi di otak yang berpotensi menimbulkan kematian dalam beberapa jam saja.

Tanda-tanda dini yang ditetapkan Thompson adalah untuk tipe sepsis dan shock dan kejadian klasik seperti rash, nyeri kepala, leher kaku, peningkatan sensitifitas dan gangguan kesadaran, yang berjalan dalam waktu 13 sampai 22 jam setelah onset. Para orang tua sebaiknya dapat melihat tanda-tanda dini ini sehingga infeksi yang fatal dapat segera dindari, Thompson mengatakan.

Mengenal gejala dini dari sepsis menyebabkan dokter dapat meningkatkan penanganan awal dan memperpendek waktu kunjungan rumah sakit. Sebaiknya tanda-tanda awal dari meningitis ini dapat ditetapkan dan diperkenalkan sehingga memudahkan orang tua atau dokter menetapkan diagnosis.

Sebanyak 103 dari 448 kasus meningitis yang diteliti oleh Thompson mengalami kematian. Banyak anak yang memiliki gejala tidak spesifik dalam waktu 4 sampai 6 jam namun dalam waktu 24 jam pasien tersebut meninggal. Hanya 165 atau 51% dari anak-anak tersebut yang dirawat setelah melakukan konsultasi pertama kali. Tampaknya tanda dini dari meningitis baru terlihat 8 jam setelah onset.

Meningitis adalah infeksi pada cairan cerebrospinalis, yang ditandai dengan keruisakan otak, hilangnya pendengaran, gangguan konsentrasi dan kematian. Meningitis dapat terjadi pada 4 dari 100.000 orang di negara berkembang, dan membunuh 10% dari mereka yang terinfeksi.

Keterlambatan melakukan penanganan pada anak yang menderita meningitis akan mengalami kematian.

keluargasehat.com

Advertisements
%d bloggers like this: