Antibiotik tidak selalu mengobati batuk

Infeksi saluran pernafasan bagian bawah menyebabkan timbulnya batuk mendadak disertai demam. Terkadang akan sembuh dengan sendirinya. Sehingga sudah jutaan dollar terbuang karena penggunaan antibiotik untuk pasien yang mengalami batuk yang seharusnya tidak perlu.

Diteliti lebih dari 500 pasien menderita bronchitis atau faringitis akut disebabkan karena iritasi akibat batuk yang terus menerus. Umumnya keadaan ini berlangsung selama 12 hari dengan atau tanpa diberi antibiotik.

Penggunaan antibiotik yang berlebihan sangat mencemaskan, karena menyebabkan obat menjadi tidak efektif pada keadaan infeksi. Hal ini menyebabkan dokter harus memberikan resep antibiotik dengan dosis yang lebih tinggi lagi saat dibutuhkan.

Di US, antibiotik yang di resepkan bagi infeksi pernafasan bagian bawah, 55% nya merupakan resep yang seharusnya tidak perlu, dan telah membuang 726 juta dolar pertahun sia-sia, menurut penelitian yang ditulis Dr. Paul Little of the University of Southampton, England. Satu jenis resep antibiotik berkisar antara 50-100 dolar.

Banyak infeksi yang dapat ditolong menggunakan antibiotik, namun obat-obatan yang digunakan berlebihan secara rutin pada batuk dan flu yang disebabkan infeksi saluran pernafasan bagian bawah, karena pasien tidak mengatakannya, akan menyebabkan resistensi terhadap antibiotik. Hasil suatu penelitian.

Sebelumnya hanya sedikit penelitian yang melakukan uji efektifitas obat yang diresepkan dokter bagi pasien batuk.

Saat ini tantangan bagi dokter dan peneliti untuk dapat menentukan kelompok pasien yang sudah resisten dengan antibiotik, dengan lebih selektif memberi resep antibiotik, penjelasan dari Journal of American Medical Association.

Dari beberapa pasien yang diteliti, mereka sakit selama 17 hari atau lebih lama setelah berobat ke dokter, Sebelum mereka mengunjungi dokter rata-rata mereka hanya membutuhkan waktu 9 hari untuk sembuh.

Bagi pasien yang sembuh tanpa menggunakan obat-obatan, tampaknya mereka menjadi kecewa dengan antibiotik.

keluargasehat.com

Advertisements
%d bloggers like this: