Langkah Praktis Mencipta Dwarf Arabicum

Sebelumnya, pastilah masih ada diantara kita yang bingung dengan makna arti kata Arabicum Dwarf, yang mana arti sebenarnya adalah tanaman adenium jenis arabicum yang kuntet, cabang-cabangnya tidak meninggi, sementara caudex (bonggol bawahnya) akan melebar, disertai kerutan-kerutan yang akan menampakkan kesan ketuaan pada si kuntet ini. Hingga dia nampak jadi begitu eksotis.

Ada 2 ciri karaktersitik yang perlu untuk diperhatikan dari bentuk Dwarf atau Bonsai Arabicum adalah sebagai berikut :

Pertama, kulit batang kelihatan sangat berkerut (very wrankle) , warna lebih gelap, dan banyak lipatan-lipatan (many joints). Kulit yang berwarna gelap dengan ukuran seperti gambar di atas bertanda pertumbuhan akan berhenti terutama cabang utamanya (melambat) atau tumbuh pelan akan tetapi caudex menjadi semakin bertambah chubby (gemuk).

Kedua, tetap stabil dengan banyak cabang pendek dalam caudex yang gemuk. Sehingga sangat menarik karena kelihatan klasik dan antik.

Dua hal karakter di atas bisa menentukan dan menjadi tolak ukur kualitas dari suatu bentuk Dwarf Arabicum atau Bonsai Arabicum.

Sementara ada tiga jenis arabicum hybrid yang dapat menghasilkan bentuk Dwarf Arabicum dengan kualitas yang baik, yakni Petch Na Wang, Lop Bu Ri dan Sing Bu Ri.

Langkah-Langkah Membuat Dwarf

Ada beberapa langkah dalam membuat Dwarf atau Bonsai di antaranya sebagai berikut :

Langkah pertama:
Kita memilih hanya dari biji yang segar dan sehat dari tiga jenis di atas.

Langkah kedua:
kita musti menggunakan media khusus termasuk pengaturan kadar air dan penyiraman, yang dapat menyuburkan pertumbuhan biji agar tumbuh lebih baik dan lebih cepat dan menghasilkan bentuk terbaik.

Langkah ketiga:
Setelah kecambah biji tumbuh dari media khusus antara 2-3 hari, Kita memperhatikan pertumbuhan benih dengan teliti dan mengikuti tahap-tahap pertumbuhan sampai berumur 6 bulan

Langkah keempat:
Bentuk terbaik adalah berbentuk seperti crown (mahkota) dengan caudex yang gemuk don pastikan kulit cabang hijau. Cabang hijau berarti seedling dapat tumbuh besar dan besar. Beberapa mungkin dapat tergoncang saat tumbuh, sebelum benar-benar sehat yang akhirnya dapat kehilangan bentuk bagus.

Setelah 6 bulan bentuk Dwarf akan menjadi semakin stabil. Sekarang tinggal memutuskan apakah akan dijadikan bentuk besar atau bonsai (dwarf) yang akan mempengaruhi langkah pertumbuhannya nanti.

-nja, agrobis
kebonkembang.com

%d bloggers like this: