Khasiat Begonia: Obat Luka, Demam, Bibir Pecah-Pecah

Oleh: Syamsul Hidayat / FLONA

Tanaman hias begonia ternyata tidak hanya indah dipandang mata, tapi juga erkhasiat obat. Bagian yang digunakan adalah daunnya. GUNUNG KELUD YANG TAHUN LALU BIKIN HEBOH WARGA BLITAR dan sekitarnya dengan getaran-getaran vulkaniknya ternyata masih menyimpan rahasia kemujaraban obat. Di kawasan hutan tropis yang sangat indah dan menyejukkan mata, ternyata tersembunyi sekumpulan tumbuhan hias Begonia popenoci Standley atau orang desa menyebutnya cembilung.

begonia

khasiat lain begoniaTanaman itu digunakan masyarakat di sana untuk mengobati bibir pecah-pecah. Maklum, masyarakat di sana kerap mcngalami bibir pecah-pecah atau panas dalam, lantaran daerah itu terletak pada ketinggian di bawah 1.000 m dpl. Kondisi panas sangat terasa de­ngan suhu udara rata-rata pada pagi hingga sung hari antara 25-30 °C dan kelembapan relatif udara rata-rata di bawah 90%. Yang membuat daerah ini terasa lebih parias dibandingkan kawasan hutan lainnya.

Salah seorang penduduk yang menggunakan tanarnan ini sebagai obat adalah Kiar. la tinggal di sekitar kaki Gunung Kelud dan seringkali mengalami panas dalam dan bibir pecah-pecah. Kalau sudah be­gitu is biasanya akan mengambil daun cembilung kemudian meremas-remasnya dan diusapkan pada bibir yang pecah-pecah. Daun cembilung ini akan terasa asarn dan segar. Penggunaan tanaman ini sudah di­lakukan masyarakat di sana secara turun-temurun.

Mengandung Flavonoid

Sebagaimana jenis begonia lain­nya, batang cembilung wring pule dimanfaatkan sebagai alternatif obat dahaga oleh orang desa bile kehausan di tengah hutan. Batang ini berbusa den agak pahit keasaman, mungkin dikarenakan adanya kandungan sapo­nin. Kandungan inilah yang mungkin menjadi alasan batang dan daun cern­bilung digunakan orang desa untuk menggosok-gosok tangan yang kotor atau agak gatal supaya bersih layaknya memakai sabun detergen.

Selain kandungan saponin, batang dan dam Begonia diperkirakan juga mengandung flavonoid dan polifenol yang bersifat antioksidan dan antikuman atau antivirus. Hal ini membuatseperti beberapa jenis begonia digunakan juga untuk mengobati luka baru dan de­mam.

Potensi Sebagai Potplant

Cembilung adalah salah satu po­tensi tersembunyi. Tumbuhan herba berbatang lunak ini memiliki daun yang lebar membulat atau hampir men­jantung. Warna hijau yang agak gelap ini dihiasi dengan bunga berwarna pu­tih kemerahan. Tumbuhan ini hidup bergerombol di antara lantai hutan yang agak lembap, penuh serasah dan terbuka.

Tak jauh dari permukaan lantai hu­tan dapat ditemukan rimpangnya yang keputihan. Cembilung jenis ini mem­perbanyak diri baik dengan rimpangnya maupun dengan penyebaran bijinya. Namun kite dapat mudah memper­banyaknya dengan stek daun den stek batang. Tumbuhan hutan ini sebenar­nya layak menjadi tanaman hias baik di luar ruang maupun di dalam ruangan dalam pot berukuran sedang. *

TEKS: SYAMSUL HIDAYAT/PENELITI TANAMAN OBAT TRADISIONAL DI KEBUN RAYA BOGOR FOTO: SYAMSUL HIDAYAT/DOK.FLONA
INFO: KHASIAT BEGONIA

Khasiat Jenis Lain

Daun Begonia glabra berkhasiat sebagai obat luka baru. Cara­nya, ambil ± 15 gram daun segar, dicuci bersih, kemudian ditumbuk sampai lumat dan dibalurkan/diparemkan pada luka.

Begonia fimbristipulata berkha­siat sebagai obat demam. Caranya, seluruh bagian tanaman dicuci bersih dan direbus. Air rebusannya setelah dingin disaring, lalu diminum sebagai penurun panas.

Sabina / Majalah FLONA
Kebonkembang.com

%d bloggers like this: