Bibitan Burgundi, Mirip Hookeri

Banyak yang salah sangka seputar bibitan Burgundi. Seringnya yang didapat justru Hookeri lenis lainnya. Apalagi yang lis hitamnya belum kelihatan. Banyak yang salah sangka seputar bibitan Burgundi. Seringnya yang didapat justru Hookeri lenis lainnya. Apalagi yang lis hitamnya belum kelihatan. Maklum bibitan Burgundi yang sudah beredar saat ini adalah produk lokal yang karakternya dekat dengan versi Fillipina. Fisiknya, mirip dengan Hookeri pada umumnya.

burgundi

Sedangkan produk impor yang masuk ke Indonesia umumnya sudah tidak berupa bibitan tetapi sudah remaja. Bila dicermati, jenis Hookeri Burgundi meski masih ‘bayi’ sudah punya karakter khas yang beda dengan Hookerii umumnya, yakni berdaun lebih tebal. Tak jarang saking tebalnya daunnya sampai menekuk membentuk seperti tanduk. Seperti koleksi Heru, dari Ijo Royo Nursery Surabaya.

Meski masih bibitan seringkali daun Burgundi bisa kompak dan punya pangkal daun (stang) yang pendek. Daun Burgundi juga melebar di dekat pangkalnya serta meruncing di bagian ujungnya..

Kebonkembang.com

%d bloggers like this: