Indikator Engine Menyala, Ternyata Kabel Speedometer Penyebabnya

Jika lampu indikator engine di dashboard menyala, berarti telah terjadi sesuatu. Karena itu, para pengendara musti waspada. Bukan apa-apa, lampu ini memang dirancang pabrikan untuk memberi peringatan dini agar pengendara tidak mengalami masalah yang lebih parah. Tiba-tiba mogok di jalan, misalnya.

Mogok memang mungkin saja terjadi. Terutama ketika nyala lampu indikator engine karena sistem pengapian yang tidak bekerja dengan benar. Atau, ketika sistem supply bahan bakar tidak berjalan dengan baik. Ketika masalah ini muncul, sensor-sensor akan memberi informasi ke sistem komputer dan diteruskan ke lampu indikator engine sehingga lampu indikator engine akan hidup sebagai peringatan awal.

Tapi, kewaspadaan Anda tidak perlu diiringi dengan rasa panik. Pada umumnya, karena khawatir terhadap dua penyebab di atas para pengendara panik ketika melihat lampu indikator engine menyala. Padahal, kepanikan itu sama sekali tidak perlu mengingat mungkin saja nyala lampu indikator engine disebabkan oleh faktor lain yang sama sekali tidak mengakibatkan mesin mogok. Yaitu, ketika terjadi masalah dengan kabel speedometer mobil Anda.

Karena itu, ketika tengah berkendara lalu lampu indikator engine menyala, yang pertama sebaiknya Anda lakukan adalah mengarahkan pandangan ke speedometer di dashboard. Perhatikan apakah jarum atau angka (bila digital) speedometer mobil Anda tidak berubah ketika kecepatan mobil Anda percepat atau perlambat. Speedometer adalah penunjuk kecepatan mobil. Jika kecepatan mobil berubah tapi jarum atau angka di speedometer tidak terpengaruh, mungkin saja kabel speedometer mobil Anda putus, bisa juga kabel terlepas dari dudukannya.

Selain komponen-komponen di sistem pengapian dan supply bahan bakar, kabel speedometer yang berguna dalam menunjukkan berapa laju kecepatan mobil memang salah satu komponen yang juga dihubungkan ke lampu indikator engine. Karena itu, jika putus atau lepas lampu indikator engine juga akan menyala.

Meskipun tidak ada pengaruhnya dengan mesin dan Anda tetap dapat melanjutkan perjalanan, akan lebih baik bila Anda segera membawa mobil tersebut ke bengkel jaringan Astra untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Tentu saja, tindakan membawa mobil ke bengkel menjadi semakin penting jika ternyata nyala lampu indikator engine disebabkan oleh masalah supply bahan bakar dan sistem pengapian mobil Anda.

Astraworld.com

%d bloggers like this: