Membuat Logo Animasi GIF Sederhana

Animasi gif sering digunakan untuk aplikasi web, baik untuk banner, Avatar atau hanya untuk mempercantik website. Langkah-langkah yang akan kita lakukan dibawah ini adalah contoh sederhana dalam membuat animasi gif.

Disini kami menggunakan aplikasi 3Ds Max dan Adobe ImageReady. Cukup mudah cara membuatnya.

Langkah-langkahnya :

1. Buka Aplikasi 3Ds Max > setelah terbuka, pertama – tama buat animasi text. Caranya pilih tool Created>Shapes>Text, kemudian tulis teks yang diinginkan. Disini kami akan memisahkan teks menjadi 2 karena akan membuat setiap huruf berbeda warna. Misalnya tulisan Komputek dipisah menjadi “Kompu” dan “tek” Setelah itu letakkan teks tersebut pada viewport front (gb 1).

mg1

gambar 1

2. Pertebal teks dedngan cara : seleksi teks > klik Modify>Modifer list>shell (gb 2). Agar teks menyatu > klik Group>group.

mg2

gambar 2

3. Atur tampilan teks sesuai keinginan, kemudian buat kotak dengan ukuran L=45, W=120, H=3 dengan warna putih sebagai latar (background). (gb 3).

mg3

gambar 3

4. Agar animasi teks dapat berputar dan terbaca bolak-balik > kopi teks dan letakkan dibelakangnya.

5. Setelah itu animasikan object kurang lebih 20 frame atau sesuai keinginan anda. Render object (F10). Atur ukurannya, kurang lebih 200X 200 pixel (gb 4) . Jangan terlalu besar karena akan susah dibuka oleh program browser. Kemudian simpan filenya dalam bentuk jpg sequense.

mg4

gambar 4

6. Setelah proses render selesai. Buka adobe ImageReady.

7. Setelah ImageReady terbuka > pilih Import folder as Frame. Pilih folder tempat menyimpan hasil renderan tadi.

mg5

Gambar 5

8. Setelah terbuka, anda bisa melihat animasinya dengan menekan tombol play di animation panel (gb 5). Jika hasilnya sudah bagus, simpan dengan cara save as optimized as. beri nama dengan ektensi *.gif kemudian save.

Afrida / komputekonline.com

%d bloggers like this: