Perbanyak Anthurium Bebas Busuk Akar

Salah satu kendala memperbanyak Janthurium dengan care potong bong-gol, adalah serangan busuk akar. Namun jangan kuatir. Karena ternyata ada cara ampuh memperbanyak anthurium, tanpa kuatir serangan penyakit ini. Caranya mu-dah. Tak perlu menunggu hingga ukuran bonggol jumbo.

ImageCukup anthurium anakan dengan batang berdiamer sekitar 1-2 cm, tana-man ini telah bisa dijadikan indukan. Sedlkit membuka rahasia, cara yang dilakukan oleh Dwi Tok, grower anthurium dibilangan Graha Raya, Tangerang ini talk membuat kondisi daun menjadi stres. “Kuncinya seminim mungkin akar ikut ter-potong,” ujar Dwi yang telah 10 tahun bergelut dengan anthurium.

Setelah indukan terpilih, lalu cabutlah bagian percabangan yang berada dite-ngah-tengah bonggol. Kemudian tusuk menggunakan pisau tajam hingga bonggol terpisah jadi dua bagian. Kemudian masukkan kedalam media tanam.

Jangan kaget, Dwi menggunakan air sebagai media tanamnya_ Tentu media air tersebut telah dicampur dengan pu-puk, hormon, can zat pengatur tumbuh. “Dengan cara seperti ini, kemungkinan serangan busuk akar sangat kecil,” tegasnya. Sebagai dudukan tanaman, Dwi menggunakan styrofoam. Semen-tara gelas plastik dijadikan sebagai wadahnya.

Kemudian hasil perbanyakan ini disimpan ditempat bermungan. `Hindari terkena sinar matahari langsung,” paparnya. Bukan apa-apa, paparan cahanya bisa meningkatkan suhu air di dalam gelas. Bila perubahannya terlampau tinggi, bisa membuat tanaman stres. Ketika anthurium telah mengeluarkan daun anyar, berarti proses ini berlangsung sukses. Anthurium siap menempati media tanam.

Gampang bukan? *

TIPS: BERI HARA
Lakukan pemberian unsur hara setiap 3-4 hari sekali. Jangan ter-lampu banyak. Cukup ‘/a dari dosis yang tertera di kemasan. Hal ini menurut Dwi untuk menjaga kondisi media air tak terlampau kental dan cepat kotor.

IDEAGarden / kebonkembang.com

%d bloggers like this: