Memaksimalkan Pemakaian Sound Card Onboard

Kartu suara onboard sekarang bukan lagi sebuah fitur tambahan yang mewah dalam sebuah motherboard. Komponen ini sudah seperti slot PCI yang keberadaannya boleh dibilang wajib pada motherboard. Beberapa tipe memang masih belum maksimal dalam mengeluarkan suara. Maklum, audio controller yang digunakan masih jenis lawas yang kualitas suara yang dihasilkan masih kurang bagus.

Meski begitu, beberapa motherboard modern saat ini menawarkan kartu suara dengan kualitas lumayan. Memang belum bisa mengalahkan kartu suara add on kelas atas yang menampilkan seara jernih dan menawan. Namun, dengan bawaan dari motherboard-nya, toh anda tak harus membayar lebih agar sistem anda “bersuara’. Apalagi kartu suara onboard yang paling modern sudah mampu mendukung penggunaan speaker 5.1 yang tergolong wah. Kualitasnya pun tak kalah ciamik lho, dengan kartu suara add on.

Akan tetapi, untuk dapat mendengarkan hasil suara yang terbaik, kartu suara onboard 6 channel tersebut haruslah dimaksimalisasi. Beberapa langkah mudah bisa anda lakukan sendiri agar kartu suara bisa bisa mendukung penggunaan speaker 5.1 dengan kualitas suara yang nggak malu-maluin.

Dalam percobaan yang dilakukan PCplus menggunakan kartu suara onboard jenis ALC650 AC97 Audio CODEC dari realtek yang terintegrasi dalam motherboard Gigabyte 8INXP ber-chipset Intel E7205 dan speaker 5.1 tipe P660R dari sonic gear.

1. Menggunakan S/PDIF

Pada beberapa tipe motherboard, pabrik pembuatnya juga menyertakan panel S/PIDF sehingga sistem PC anda dapat berhubungan dengan perangkat lain dengan interface yang sama (optik ataupun coaxial). Bila anda memiliki perangkat audio pendukung seperti itu, tak ada salahnya menggunakan S/PIDF ini. Apalagi kualitas suara yang dihasilkan mampu berformat digital.

2. Menyalakan Fitur Audio Onboard

Agar kartu suara onboard bisa beroperasi, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan fitur ini pada BIOS. Pastikan fitur soundcard onboard dalam posisi enable. Anda bisa masuk ke menu BIOS dengan menekan tombol del dan cari fitur untuk kartu suara onboard yang terpasang.

3. Instal Driver yang Benar

Penginstalan driver setelah fitur ini diaktifkan sangatlah mutlak. Agar kartu suara bisa beroperasi secara penuh, instal driver pembantunya yang biasanya disertakan pada bundel CD driver di kemasan jual motherboard. Pastikan anda menginstal driver yang benar-benar sesuai.

4. Instal DirectX Terbaru

Buat anda yang masih menggunakan sistem operasi 2000 kebawah, mengupgrade software directX yang terbaru akan sangat membantu agar kartu suara onboard yang terpasang bisa bekerja secara optimal. Memang untuk menonton film atau mendengarkan musik umumnya penggunaan directX versi lawas kurang begitu berpengaruh. Namun, efeknya akan sangat terasa jika anda ingin memainkan game-game terbaru berbasis directX yang menuntut penggunaan directX versi teranyar. Untuk mendapatkan directX versi terbaru ini anda bisa mendownload dari situs yang ada.

5. Pemasangan Speaker

Pemasangan speaker 5.1 yang tepat juga bisa memaksimalkan kinerja kartu suara anda. Posisi masing-masing speaker yang tepat juga akan menimbulkan suara yang lumayan. Pastikan semua speaker yang terpasang bekerja secara optimal.

6. Cerdik Menggunakan Software Bantuan

Pada motherboard terbaru disediakan pula bundel software pembantu yang cukup baik sehingga membuat kinerja kartu suara onboard bisa maksimal. Pada software yang memiliki fitur-fitur yang baik, beberapa setting bisa diatur sehingga memungkinkan penggunanya mendengarkan musik sesuai dengan keinginannya.

Nah, itulah beberapa langkah buat memaksimalkan kartu suara onboard anda. Yang pasti, bila semuanya beroperasi dengan baik, suara yang keluar boleh dibilang sudah cukup baik, bahkan dengan speaker 5.1 sekalipun. Suara surround juga bisa terdengar dengan enak. Selamat mencoba!

=PCplus Magazine=

%d bloggers like this: