Komputer yang Tidak Stabil

Pernahkan Anda mengalami komputer yang sering restart sendiri ketika dioperasikan. Sudah mencuba mengecek dudukan prosesor, memori, VGA, bahkan sambungan kabel dan tidak ada yang salah.

Penyebab komputer tidak stabil itu ada banyak tetapi bisa kita runut dengan cara berikut:

1. Cek Log
Jika anda menggunakan windows XP, ada sebuah fasilitas yang disebut automatically restart (control panel*system advanced*startup and recovery). Fasilitas ini akan membuat komputer restart (bukan blue screen seperti pada windows versi terdahulu) jika terjadi masalah. Windows sendiri akan menyimpan log atau catatan atas apa yang terjadi di control panel*administrative tools*event viewer*system. Coba tengok log tersebut, siapa tahu di sana akan menemukan jawabannya.

2. Apakah Komputer Anda Panas?
Panas adalah musuh terbesar dari komputer, dan hal ini sering mengakibatkan terjadinya kejadian hang atau restart sendiri. Uji apakah suhu dalam casing terlampau panas. Cara yang paling mudah adalah dengan membuka casing, sembur dengan menggunakan kipas angin dan lihat apakah masalahnya terhenti. Jika memang masalahnya karena kepanasan, Anda sebaiknya melakukan langkah preventif, seperti merapikan jalinan kabel atau membeli kipas angin tambahan.

3. Uji Setiap Komponen
Copot semua komponen yang tidak krusial, seperti kartu suara atau kartu jaringan. Jika kebanyakan komponen tersebut onboard, maka disable dulu melalui BIOS. Yang juga perlu anda perhatikan adalah memori. Komputer yang sering hang adalah tanda-tanda memori yang rusak. Jika anda menggunakan 2 keping memori, uji satu persatu. Jika Cuma satu, pinjam teman dulu.

4. Ganti Power Supply
Kebanyakan masalah ketidakstabilan komputer berawal dari power supply. Apalagi saat ini, ketika banyak power supply “aspal” yang mencantumkan daya yang tinggi padahal kenyataannya tidak. Saran kami, selalu siapkan power supply cadanagan untuk komputer anda. Harganya toh tidak terlalu mahal dan akan sangat berarti di saat-saat penting.

Anda mungkin bertanya, bagaimana memilih power supply yang baik? Mudah, cari saja yang paling berat. Komponen di dalam power supply seperti trafo sifatnya semakin besar semakin baik. Jadi semakin berat bobot sebuah power supply, semakin bagus juga kualitas power supply tersebut.

Infokomputer

Advertisements
%d bloggers like this: